Dampak Negatif Alkohol Atau Miras Bagi Kesehatan

Dampak Negatif Alkohol Atau Miras Bagi Kesehatan

Jika artikel yang kemarin kita membahas sisi positif dari minuman beralkohol, Kali ini mari kita bahas bersama tentang dampak negatif dari minuman beralkohol yang di konsumsi secara berlebihan.

Mayoritas warga negara Indonesia pastinya sudah tidak heran lagi dengan keberadaan Miras (Minuman Keras), Terlebih lagi banyak pula kabar berita yang beredar mengenai peredaran miras oplosan yang lebih berbahaya dari pada miras pada umumnya.

Seperti yang kita tahu, miras pada umumnya saja sudah memiliki dampak negatif yang berbahaya bagi tubuh jika di konsumsi berlebih, apalagi miras oplosan. Sudah tidak bisa di pungkiri lagi jika miras oplosan akan lebih berbahaya lagi untuk kesehatan.

Menurut departemen kesehatan dan layanan kemanusiaan yang berada di AS mengungkapkan satu gelas minuman beralkohol adalah batas aman konsumsi untuk wanita dan dua gelas untuk pria.

Meski begitu, mengkonsumsi alkohol setiap harinya bukanlah hal yang baik. Sebaikanya kita mulai mengurangi gaya hidup yang tidak sehat tersebut dan berubah ke kehidupan yang lebih baik.

Berikut ini akan kami berikan beberapa informasi mengenai dampak buruk kesehatan jika mengkonsumsi alkohol atau miras.

1. Kerusakan Hati

Alkohol merupakan minuman yang memiliki sifat seperti racun, dan sepertiĀ  yang kita pelajari bahwa hati adalah organ tubuh yang bekerja untuk menetralisir racun dalam tubuh. Tetapi fungsi kerja hati tidak akan selalu baik dan normal jika kita mengkonsumsi makanan atau minuman yang memiliki sifat beracun dengan volume yang banyak dan cepat.

Alkohol yang kita konsumsi dapat menyebabkan sel-sel dalam hati kita akan mati dan menyebabkan sirosis atau gangguan hati.

2. Gangguan Pada Otak dan Syaraf

Seperti yang kita tahu mengkonsumsi alkohol dalam jumlah banyak dapat membuat seseorang kehilangan kesadaran.

Hal ini akan membuat orang tersebut kesulitan untuk berkonsentrasi, berbicara, membuat keputusan dan bahkan akan kesulitan untuk mengontrol tubuhnya berjalan atau bergerak.

Minum dengan jumlah yang banyak juga dapat mempengaruhi kesehatan mental seseorang seperti demensia dan depresi.

3. Penyakit Jantung

Penyebab utama dari penyakit jantung adalah penggumpalan darah dan kadar kolestrol yang tinggi.

Alkohol merupakan sumber yang paling utama dalam terjadinya kedua hal tersebut.

Penelitian yang dijalankan di Amerika Serikat mengungkapkan bahwa orang yang kecanduan dengan minuman keras cenderung lebih kuat memiliki masalah jantung. Sebab jantung pecandu minuman keras akan memiliki kesulitan untuk memompa darah menuju jantung mereka.

Hal ini membuat mereka memiliki resiko yang lebih tinggi untuk meninggal karena serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *