Kumpulan Resep Makanan untuk Ide Sehari – Hari

Kari ayam / kari bihun

1 ekor ayam kampung potong2
1 bungkus bihun Medan rendam rebus matang tiriskan
3 bh kentang potong2
200 ml santan Kara
2,5 – 3 liter air
Bawang goreng untuk taburan nya

Bumbu halus
10 bawang merah
8 bawang putih
25 cabe merah keriting
2 butir kemiri
1 ruas jahe
Segede jempol kunyit
1 sdm ketumbar
Gak sampai 1/2 sdt jinten
1/2 biji pala

1 ruas kayu manis
5 biji kapulaga
7 biji cengkeh
2 batang serei keprek
1 ruas lengkuas keprek
1 biji bunga lawang
6 lembar daun jeruk
30 lembar daun kari

Gula
Garam
Kaldu jamur
Lada

Tumis bumbu halus dan rempah2 sampai wangi masukan ayam aduk sampai berubah warna tuang air tambahkan kentang , gula ,garam,kaldu jamur,lada masak sampai ayam empuk, kecilkan api masukan santan aduk terus sampai mendidih jangan sampai pecah santan
Setelah matang bisa makan pakai nasi / bihun
Taburin bawang goreng.

Kangkung Plecing

3 ikat kangkung potong2 rebus bntar tiriskan
20 cabe merah keriting
10 cabe rawit merah
1 bh tomat merah
3 bh jeruk limo
1 sdm gula merah
Kacang tanah sangrai

1 sdt gula
1 sdt garam
2 sdm terasi bakar

Tumbuk kasar cabe , gula merah , garam, terasi ,tomat terakhir air jeruk limo tes rasa. Atur kangkung di atas piring siram sambelnya taburin dengan kacang tanah.

Steam udang bawang putih

15 ekor udang besar cuci bersih belah tengahnya buang kotorannya tiriskan, taburan sedikit gula, garam, kaldu jamur, lada dan 2 sdm angciu
Kukus selama 10 menit

6 siung bawang putih cincang
2 batang daun bawang kecil iris iris
1 ruas jahe cincang
Minyak panas secukupnya

Setelah udang matang taburkan bawang putih, jahe dan daun bawang di atasnya siram dengan minyak panas.

Beef bulgogi

500 gr daging yoshinoya
3 sdm saos tiram
2 sdm kecap manis
1 sdm kecap asin
1 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1/2 sdt garam
2 sdm minyak wijen
2 siung bawang putih halus
Campur semua bahan aduk rata diamkan 15 menit

1 bh bawang bombay potong kasar
Daun selada secukupnya

Panaskan teplon masukan daging aduk terus sampai matang tes rasa baru masukan bawang bombay aduk rata angkat.

Masakan Enak yang Tidak Menghabiskan Banyak Waktu

Suanlatang / hulatang

1 kotak tahu sutra potong2
100 gr daging kapsim cincang ( bisa ganti daging ayam )
1 bawang putih tumbuk halus
Secukupnya radis kaleng iris2
1 butir telur kocok lepas
Jamur kuping
3 sdm ato lebih sagu
1 liter air

Pelengkap
Daun ketumbar / yensui
Daun bawang
Black vinegar / cuka itam

Penyedap
1/2 sdt gula
1 sdt garam
2 sdt kaldu jamur
Lada
Minyak wijen
Saos tiram
1 sdm arak masak

Campur daging dengan bawang putih, minyak wijen, saos tiram aduk rata
Didihkan air masukan lada, daging bulat kan seperti bakso,masukan tofu, arak, saos tiram, minyak wijen,gula, kaldu jamur,garam masak sampai mendidih masukan sagu yg sudah di larutkan dengan air aduk terus baru masukan radis asin, telur sambil di aduk terus sampai matang angkat. Waktu mau makan baru taburin daun bawang , yensui dan black vinegar dan cabe kalau suka pedas.
Makan pakai pangsit yg baru di goreng garing garing beeeeud nikmaaatt!

Kua chai pui

Beras
Sawi pahit / kua chai
Bawang putih cincang
Ebi (udang kering)
Jamur
daging samcan
Lapciong
Saos tirem
Minyak wijen
Kaldu jamur
Garam
Lada
Air di kurangin dari biasa masak nasi

Tumis bawang putih sampai wangi masukkan daging samcan aduk sampai daging berubah warna dan wangi baru masukan jamur, ebi dan semua bahan masak seperti ngaron nasi ya air di kurangi dari takaran masak nasi, sayur mengeluarkan air takutnya kelembekan ok
Kukus selama 30 menit ato sampai matang
Kalau mau makan taburin bawang goreng dan makan dengan sambal belacan beuuuud mantap.

Ikan bakar bumbu kuning

1 ekor ikan tenggiri bersihkan sayat sayat badannya tiriskan

Bumbu halus
5 siung bawang putih
1 ruas kunyit

5 bh jeruk asem / sonkit
1/2 sdt gula
2 sdt kaldu jamur
1 sdt garam
Lada

Campur semua bahan lumurin keseluruh badan ikan diamkan 10 menit
Bakar menggunakan Hi-Cook Kompor BBQ KC-301 dengan api kecil sambil di olesin margarin dan sisa sisa bumbu sambil di bolak balik sampai matang
Caranya bisa lihat di video.

Sambal seafood

1 sdm terasi bakar
3 siung bawang putih
5 bh cabe keriting
10 bh cabe rawit merah
10 bh jeruk asem / sonkit
Gula
Garam
Tumbuk halus cabe, bawang putih dan terasi bakar campur semua bahan tes rasa, nano nano rasanya
Selamat mencoba

Berbagai Resep Cara Mengolah Udang Menjadi Makanan Lezat

Ini dia beberapa kumpulan resep bagaimana cara mengolah udang. Biasanya anak – anak susah banget nih yang bisa makan udang karena bentuknya yang terbilang menyeramkan ataupun baunya yang cukup amis. Tapi jangan khawatir, dengan resep dibawah ini anak anda pasti bisa makan.

NUGGET UDANG

Hari ini emak bikin stok buat bekal sekolah cc.
Jadilah nugget udang ala2ku.
Bahan :
500 grm udang (berat bersih)
1butir telur ayam
1 batang daun bawang iris tipis
1 buah bawang bombai, pilih ukuran kecil
4 sdm tepung sagu
1sdm bawang putih goreng (selalu stok, caranya liat di story diaryemak ya)
1sdm minyak wijen
1 sdt gula pasir
1/2 sdt lada bubuk
2sdt penyedap jamur
1/2sdt garam (atau sesuai selera)

Bahan pelapis : kocokan telur dan tepung panir.

Cara :
– Haluskan bawang bombai bisa dengan choper lalu masukan bawang putih goreng,blender sebentar lalu masukan udang, blender 1/2 halus saja.
– Tuang udang diwadah lalu campurkan semua bahan secara bertahap kecuali sagu.
– Uleni rata, jika adonan sudah terlihat kenyal lalu masukan tepung sagu, aduk rata.
– Siapkan cetakan bisa loyang atau piring, olesin dengan minyak, lalu tata adonan kemudian kukus krg lebih 15-20 menit.
– potong2 nugget, celupkan pd kocokan telur lalu balur pada tepung panir.
– goreng dengan api sedang.

Bosan masak oyong telur jadinya oyong bumbu kuning de.
Masak sesuai selera saya dan tentunya keluarga suka
Di rumah pada gak suka bau bumbu yang terlalu menyengat dan masakan yg berminyak.
Kreasi masakan itu bebas2 aja, jangan monoton, mak masakan ini gak pakek ini, gak pakek itu, ya kembali lg ke selera masing2 ya bebas berkreasi.

Ayong bumbu kuning

2buah oyong kupas potong2
Udang secukupnya
Bumbu halus:
3 bawang merah
2 bawang putih
1,5 butir kemiri
3-4 iris lengkuas
1/2 sdt ketumbar bubuk
1/2 sdt kunyit bubuk.
Air secukupnya
Gula, garam, penyedap secukupnya.
1sdm fibercream (pengganti santan)

Tumis semua bumbu halus hingga harum, masukan air, tunggu hingga mendidih, masukan oyong, masak hingga 1/2 layu lalu masukan udang.
Tambahkan semua penyedap dan Fibercream aduk rata masak 1menit lalu angkat.

Berbagai Resep Makanan Kreatif dan Mudah Dibuat

PERMISI SIOMAI KRIBO MAU LEWAT.
Nah kali ini pakai ikan yg ukuran sedang, tidak berlemak dan fresh banget.
So hasil siomainya Endolita.

Resep :
500gr daging ikan tenggiri giling.
350grm labu siam yg sudah di parut. (Berat bersih. Pakai parutan halus seperti parut keju)
400gr sagu
150ml air
3 bawang putih haluskan
5 bawang merah haluskan
2sdm saos tiram
1 sdm gula pasir
1,5 sdt penyedap jamur.
1sdt lada bubuk
Garam -/+ 2sdt)

1. Peras labu siam yg sdh di parut. Buang airnya.
2. Campur labu, ikan, semua bumbu kecuali sagu dan air.
3. Tuang air sedikit2 sambil aduk rata.
4. Masukan sagu sedikit2 , ratakan.
5. Bentuk pakek garpu biar ada efek keriting2. (Adonan di Kerok pakek garpu)
6. Rebus dgn api sedang tambahkan minyak 30-40ml
Jika sudah ngapung tunggu 3 menit lalu angkat.

KAMU TIM PETE APA JENGKOL ?

Saking bingung mau masak apa akhirnya masak ayam pete kemangi

2 paha ayam di fillet lalu iris kotak2
2 papan pete tua
Rawit iris2 sesuai selera
2 iket kemangi
1sdm saos tiram
1sdm kecap raja rasa
1sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam
Bawang merah dan putih secukupnya.
Jahe 4 iris lalu iris lagi memanjang.

DONUT YUNANI VERSI SIMPLE

Resep :
250ml susu UHT
2sdm gula pasir
250 gr tepung terigu kunci.
1sdt ragi instan.

Campur semua bahan aduk hingga rata dan mengental. Tutup rapat tunggu adonan jd 2x lipat
Masukan dalam plastik segitiga gunting ujungnya.
Keluarkan adonan dr plastik sebesar bakso. Langsung goreng di api kecil
Kalau sdh ngapung dan kecoklatan angkat.
Topingnya aku pakai coklat batangan greentea sama coklat susu.

Fu Kien

Bahan
500 gr daging ikan tenggiri
100cc air es
1butir putih telur
3 sdm sagu
3 bawang merah haluskan
3 bawang putih haluskan
1/2 sdt lada bubuk
1sdt penyedap jamur
1sdt gula pasir
Garam secukupnya

Kulit kembang tahu secukupnya. Dan kulitnya ini rasanya sudah asin jd hati2 penggunaan garam.

Cara :
Campur semua bahan sambil uleni lalu masukan dlm plastik segitiga, semprot memanjang di atas kulit tahu.
Perekat bisa pakai air.
Setelah di bungkus, di padatkan dgn cara di gelinding beberapa kali dgn perlahan.
Potong sesuai selera lalu goreng dgn api sedang.

Kumpulan Resep Masakan yang Lezat dan Nikmat

BANDENG GORENG TELOR
– Bahan :
. 1 ekor bandeng sedang, belah buang ingsang dan isi perutnya, beri jeruk nipis sisihkan
. 1 btr telor

– Bumbu uleg :
. 2 baput
. Garam
. Sedikit jahe

– Bumbu lainnya :
. Merica bubuk
. 1 ruas laos geprek
. 4 dn salam
. 1 batang sereh geprek

– Cara :
. Tes rasa bumbu uleg, lumurkan ke bandeng secara merata, taruh sereh & laos di perutnya tutup.
. Didihkan kukusan, masukkan bandeng tata dn salam 2 sbg alas & 2 sbg penutup bandengnya. Kukus kurleb 20mnt.
. Setelah dingin potek bandeng sesuai selera cabut duri2 yg terlihat, masukan kedalam kocokan telor yang sudah diberi sejumput garam & merica.
. Goreng hingga berwarna coklat keemasan
. Sajikan dengan sambel bawang atau sambel terasi

SAMBEL GORENG NDESO
– Bahan :
. 100gr kacang tholo, cuci rendam 1jam (sy tinggal urus anak sampai 3jam)
. 10 Tahu pong, cuci
. 1/2 papan tempe agak semangit
. 2 papan pete
. 65ml santan kara
. 600ml air putih
. Minyak untuk menumis

– Bumbu uleg :
. 4 baput
. 6 bamer
. 11 cabe merah kriting

– Bumbu cemplung :
. 2dn salam
. 2ruas laos
. 6 rawit
. Garam
. Gulput
. Kaldu jamur

. – Cara :
. Tumis bumbu uleg sampai matang, lalu masukkan salam laos
. Tuang kacang beserta air rendaman, air putih biarkan mendidih dan kacang matang
. Masukan garam, gulput, kaldu jamur, tempe, tahu
. Setelah matang semua masukan santan, tes rasa
. Terakhir masukkan rawit dan pete aduk rata
. Matikan kompor

PEPES IKAN KEMBUNG DAUN SINGKONG
– Bahan :
. 4 ikat dn singkong petik daun yang muda rebus sebentar diberi dikit garam, tiris
. 4 ekor ikan kembung buang isi perut & kepalanya, beri jeruk nipis & garam, sisihkan
. 1/4 btr kelapa parut agak muda
. 4 btg sereh ambil putih, geprek
. 4 iris laos, geprek
. 4lbr dn salam
. Dn pisang, panaskan dikompor/ jemur secukupnya

– Bumbu uleg :
. 2 cabe merah keriting ( bisa ditambah jika ingin pedas)
. 3 baput
. 6 bamer
. Garam
. Gulput
. Kaldu Jamur

– Cara :
. Didihkan kukusan
. Tes rasa bumbu ulegnya lalu lumuri ikannya, sisa bumbu tuang di wadah
. Campur kelapa parut, dn singkong, sisa bumbu
. Tata masing2 ikan diatas daun pisang beri salam, laos, sereh, selimuti dengan daun singkong, bungkus rapi masukkan ke kukusan yang telah mendidih

Kumpulan Resep Puding Sehat untuk Si Kecil

Anak anda susah makan wortel? Ini ada solusinya guys. Buat si kecil yang kurang suka wortel, bu ibu bisa menggunakan salah satu trik ini nih. Puding wortel bisa menjadi solusi yang tepat bagi anak anda yang susah untuk makan sayuran. Tenang saja, dengan wortel yang diolah menjadi puding maka rasa wortel tidak akan terlalu terasa dan si kecil bisa mendapatkan nutrisi tersebut.

PUDING WORTEL

Bahan :
. 250gr wortel import
. 750ml (air putih+sari wortel)
. 140gr gulpas / sesuai selera
. 1bungkus agar2 plain

Topping :
. 200gr nanas madu matang

Cara :
. Nanas cuci dg air garam, potong sesuai selera
. Juice wortel dg juicer (tdk sy saring). Bila tidak punya bisa dg blender baru disaring
. Tambahkan air putih menjadi 750ml ya
. Gulpas, agar2
. Aduk sampai larut semua baru masak dg api sedang aduk sesekali sampai mendidih
. Tata nanas diwadah/cetakan yg diinginkan, setelah uap panas hilang lalu siramkan agar2 perlahan diatasnya
. Biarkan dingin dg sendirinya baru masukan ke dalam kulkas
. Sajikan dalam keadaan dingin lebih nikmat

 PUDING LUMUT COKLAT

Nah, yang satu ini adalah resep puding lumut coklat. Tenang saja guys, puding ini tidak beneran pakai lumut kok. Lumut dari puding ini rupanya terbuat dari kuning telur loh.

Bahan Coklat :
. 650ml susu UHT coklat
. 1sdm bubuk coklat
. 100gr gulpas/sesuai selera
. 1bungkus agar2 coklat/plain

Cara :
. Tuang dan aduk rata semua bahan jadi satu sampai larut
. Masak dg api sedang sambil diaduk sesekali sampai mendidih
. Biarkan uap panas hilang lalu tuang di cetakan/wadah yg diinginkan

Bahan lumut :
. 450ml air putih
. 65ml santan kara
. 135ml endapan air pandan
. 100gr gulpas/sesuai selera
. 1sdt vanilla essense
. 1sdt pasta pandan
. Sejumput garam
. 2btr telur
. 1bungkus agar2 plain

Cara :
. Kocok telur lalu saring
. 5 daun pandan blender dg air secukupnya, saring 2x ambil airnya
. Tuang dan aduk rata semua bahan jadi satu
. Masak dg api sedang dan aduk terus ya sampai mendidih spya terbentuk lumutnya
. Biarkan uap panas hilang lalu tuang diatas coklat yg sudah berlangit2
. Biarkan dingin dg sendirinya lalu masukkan kulkas
. Sajikan

Resep Olahan Makanan dengan Bahan Baku Non Daging

Sering ga sih bingung cara mengolah bahan masakan yang non-daging?Pasti menjadi sebuah kebingungan untuk memasak karena mesti banyak bumbu dan rempah yang digunakan agar bahan masakan non daging bisa tetap menjadi lezat. Nah, disini ada beberapa resep makanan yang menggunakan bahan baku non daging tapi tetap enak loh!

TELUR TAUCO PEDAS

. Bahan :
. 1/2kg telor
. 50gr tauco
. 65ml santan kara
. 400ml air putih
. 1 papan pete belah
. Air asam jawa secukupnya
. 2btr tomat ijo sedang potong2
. 9 lombok ijo besar rajang serong
. Sejempol jahe
. 1btg serai geprek
. 2dn salam
. Seruas laos geprek
. Gulpas
. Kaldu jamur
. Minyak goreng .

. Bumbu uleg :
. 4 baput
. 8 bamer
. Garam

. Cara :
. Rebus telur, kupas. Goreng diminyak panas sampai telur terendam dg api sedang. Sisihkan
. Tumis bumbu uleg smp harum, masukkan cabe, salam, laos, jahe, serai, pete, air asam, tauco, gulpas, kaldu jamur, tomat smp cabe matang. Br tuang air, biarkan smp mendidih bumbu tercium wangi
. Masukkan telor, santan, kecilkan api smp bumbu agak meresap. Tes rasa
. Sajikan & taburi bwg goreng

MIE GODOG JAWA

Bahan :
. 150gr mie telur
. 600ml air putih
. 1btr telur
. 50gr dada ayam tanpa kulit
. Gulpas
. Kaldu jamur
. Minyak goreng

Bumbu uleg :
. 3 baput
. 2 kemiri sangrai
. Merica
. Garam

Sayuran :
. Kol
. Sawi hijau
. 2btg daun bawang
. Tomat merah

Pelengkap :
. Bawang goreng
. Cabe rawit
. Saledri rajang

Cara :
. Didihkan air, beri sdkit minyak rebus mie kurleb 3 menit. Jangan terlalu lama.
. Lumuri ayam dg jeruk, cuci bersih, potong2
. Cuci sayuran & potong sesuai selera
. Orak arik telur sisihkan. Tumis bumbu sampai harum, ayam sampai matang. Tuang air. Tutup tunggu mendidih . Masukkan semua sayuran, gulpas, kaldu jamur. Tutup lg smp sayuran matang
. Lalu tes rasa. Masukkan mie tunggu mendidih lg
. Sajikan selagi panas, tambahkan pelengkap

TEMPE GORENG KRIUK

. 1/2 papan tempe, potong 6 serong . Minyak untuk menggoreng

Bumbu rendaman :
. 1baput uleg
. 1/2sdt ketumbar bubuk
. 1sdm munjung tpg beras
. 70ml air putih
. Garam sesuai selera
. Kaldu jamur

Cara :
. Campur rata bumbu rendaman, rendam tempe kurleb 5 menit
. Panaskan minyak goreng, goreng tempe dg api sedang smp berwarna kuning keemasan
. Sajikan selagi hangat

Cemilan Nikmat Ala Restoran Bintang 5

PUDING SUSU COKLAT LUMUT

Bahan coklat :

  • 800 ml Ultra coklat UHT
  • 1 shaset chocolatos
  • 1 bgks agar2 plain/coklat

Cara membuat :

  • Aduk semua bahan coklat dengan merata, masak & aduk perlahan hingga mendidih dg api sedang.
  • Biarkan sejenak uap panas hilang, tuang perlahan di cetakan
  • Sisihkan

Bahan lumut :

  • 2 btr telur – kocok
  •  100 ml air (1 lbr dn pandan, blender) – saring
  •  65 ml santan instan
  •  615 ml air putih
  •  1 sdt vanilla cair
  •  2 sdt pasta pandan
  •  Sejumput garam
  •  100 gr gulpas
  •  1 bgks agar2 plain/hijau

.Cara membuat :

  • Aduk merata semua bahan lumut hingga larut, lalu saring
  • Masak & aduk perlahan hingga mendidih dg api sedang.
  • Biarkan sejenak uap panas hilang, tuang diatas adonan coklat yg sdh agak mengeras dg sendok sayur perlahan2 ya.
  •  Tunggu hingga puding dingin, baru masukkan kulkas.

SETUP PISANG

Bahan :

  •  10bh pisang – kupas & potong sesuai selera
  •  1250ml air putih
  •  200gr gulmer / sesuai selera
  •  1lbr daun pandan
  •  5 cm batang kayu manis
  •  5 biji cengkeh
  •  3 sdm gulpas / sesuau selera

Cara :

  •  Didihkan air, masukkan gulmer setelah larut lalu saring
  • .Masukkan cengkeh, dn pandan, kayu manis, gulpas, pisang
  •  Tes rasa, sajikan

Pizza Homemade

Bahan
. 300gr tp terigu protein tinggi
. 1.5 sdt fermipan
. 2 sdt gulpas
. 1 sdt garam
. 195 ml air hangat kuku
. 2 sosis jumbo – potong bulat
. 1 paprika merah – potong2
. 4 sdm saus tomat
. Keju parut secukupnya
. Bumbu/saus bolognese
. 2 sdm minyak sayur

Cara :
. Air hangat, gulpas, garam, fermipan aduk merata. Biarkan 10 menit akan berbuih.
. Ayak tepung, tuang air hangat dikit demi sedikit lalu uleni merata. Tuang minyak sayur lalu uleni lagi sampai kalis.
. Taruh di wadah yg sudah diolesi minyak supaya tidak lengket. Tutup dg serbet bersih 1 jam biarkan mengembang
. Panaskan oven. Taruh adonan di loyang pizza & ratakan. Tusuk2 dg garpu dg merata tunggu 10 menit. . Lalu oleskan saus tomat, bumbu bolognese, paprika, sosis, beri keju parut.
. Panggang di oven 15 menit suhu 180 (tergantung masing2 oven ya)
. Apabila masih kurang matang, boleh disesuaikan dengan oven masing – masing
. Potong2 & sajikan dg saus sambal, mayonaise

Daftar Menu Masakan Lezat untuk Anak Kos

Cah kangkung / tumis kangkung

Masakan simple hanya butuh 30 menit (tergantung masaknya banyak gak sih ) contoh krna ak masakin 9 orang jadinya masak kangkung aja 8 ikat  yang lama itu motongin daun dari batangnya kan musti satu2 bener apa bener? sabar deh yaa

Nb: masak sayur jangan lama² ya ,krna bisa ngurangin kandungan vitaminnya, apalagi di panasin bahasa jawane di Ngat nget ngat nget lagi duh jangan yaa
Anyway,

Bahan:
3 ikat sayur kangkung
Gula jawa secukupnya
Garam secukupnya
Saos tiram secukupnya
Minyak goreng
Air secukupnya

Bumbu iris:
5 Bawang merah
5 Bawang putih
Bawang bombay (boleh di skip)
Cabe merah disesuaikan
Cabe rawit jika pngn lebih pedes

Cara memasak:
– Tumis bumbu iris hingga harum, masukkan kangkung ,beri air.
– Setelah menyusut kangkungnya, beri garam, saos tiram, gula jawa lalu aduk sampai rata dan tunggu sampai matang.
– Koreksi rasa jangan lupa
– Sajikan dengan di taburi bawang goreng , di makan dengan nasi hangat, gorengan +es teh behh… Mantap deh

Sayur bobor bayam khas klaten

Biar gak bosen ya kan masak daging trus, kepala pusing kebanyakan daging, harus diimbangin sayur  ini salah satu masakan khas klaten sederhana tapi mantap deh hehe

Bahan:
2 ikat Sayur bayam
1 Labu siam di potong kecil kecil
Air secukupnya
Santan
Gula jawa secukupnya
1 ruas Lengkuas
2 lembar Daun salam
Penyedap rasa secukupnya

Bumbu halus:
3 Bawang merah
5 Bawang putih
2 Kemiri
Ketumbar secukupnya
Garam secukupnya
1 ruas Kencur

Cara memasak:
– Didihkan air tambahkan bumbu halus, lengkuas, daun salam ,lalu masukkan labu siam diamkan sebentar.
– Tambahkan gula jawa, penyedap rasa, dan santan.
– Aduk sesekali agar santan tidak pecah.
– Koreksi rasa jangan lupa
– Sajikan dengan di taburi bawang goreng, nasi hangat, sambal terasi & tempe goreng, Yummmyy

Rica-rica daging sapi

Bahan :
Daging di rebus biar empuk
Daun jeruk
Gula jawa
Bumbu kaldu sapi
Jahe di geprek
Minyak goreng
Air secukupnya

Bumbu halus:
Cabe merah besar
Cabe rawit
Bawang merah
Bawang putih
Garam
Tomat

Cara memasak:
– Tumis bumbu halus bersamaan daun jeruk, jahe.
-Tambahkan daging yang sudah di potong kecil kecil aduk sampai rata tambahkan gula jawa, air dan bumbu kaldu sapi.
– Aduk sampai rata, tunggu hingga air menyusut dan koreksi rasa.

Cabenya bisa di sesuain yang pecinta pedess banynakin cabe rawitnya .. biar pedesnya makin nampoolll