Berbagai Resep Makanan Kreatif dan Mudah Dibuat

PERMISI SIOMAI KRIBO MAU LEWAT.
Nah kali ini pakai ikan yg ukuran sedang, tidak berlemak dan fresh banget.
So hasil siomainya Endolita.

Resep :
500gr daging ikan tenggiri giling.
350grm labu siam yg sudah di parut. (Berat bersih. Pakai parutan halus seperti parut keju)
400gr sagu
150ml air
3 bawang putih haluskan
5 bawang merah haluskan
2sdm saos tiram
1 sdm gula pasir
1,5 sdt penyedap jamur.
1sdt lada bubuk
Garam -/+ 2sdt)

1. Peras labu siam yg sdh di parut. Buang airnya.
2. Campur labu, ikan, semua bumbu kecuali sagu dan air.
3. Tuang air sedikit2 sambil aduk rata.
4. Masukan sagu sedikit2 , ratakan.
5. Bentuk pakek garpu biar ada efek keriting2. (Adonan di Kerok pakek garpu)
6. Rebus dgn api sedang tambahkan minyak 30-40ml
Jika sudah ngapung tunggu 3 menit lalu angkat.

KAMU TIM PETE APA JENGKOL ?

Saking bingung mau masak apa akhirnya masak ayam pete kemangi

2 paha ayam di fillet lalu iris kotak2
2 papan pete tua
Rawit iris2 sesuai selera
2 iket kemangi
1sdm saos tiram
1sdm kecap raja rasa
1sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam
Bawang merah dan putih secukupnya.
Jahe 4 iris lalu iris lagi memanjang.

DONUT YUNANI VERSI SIMPLE

Resep :
250ml susu UHT
2sdm gula pasir
250 gr tepung terigu kunci.
1sdt ragi instan.

Campur semua bahan aduk hingga rata dan mengental. Tutup rapat tunggu adonan jd 2x lipat
Masukan dalam plastik segitiga gunting ujungnya.
Keluarkan adonan dr plastik sebesar bakso. Langsung goreng di api kecil
Kalau sdh ngapung dan kecoklatan angkat.
Topingnya aku pakai coklat batangan greentea sama coklat susu.

Fu Kien

Bahan
500 gr daging ikan tenggiri
100cc air es
1butir putih telur
3 sdm sagu
3 bawang merah haluskan
3 bawang putih haluskan
1/2 sdt lada bubuk
1sdt penyedap jamur
1sdt gula pasir
Garam secukupnya

Kulit kembang tahu secukupnya. Dan kulitnya ini rasanya sudah asin jd hati2 penggunaan garam.

Cara :
Campur semua bahan sambil uleni lalu masukan dlm plastik segitiga, semprot memanjang di atas kulit tahu.
Perekat bisa pakai air.
Setelah di bungkus, di padatkan dgn cara di gelinding beberapa kali dgn perlahan.
Potong sesuai selera lalu goreng dgn api sedang.

Kumpulan Resep Masakan yang Lezat dan Nikmat

BANDENG GORENG TELOR
– Bahan :
. 1 ekor bandeng sedang, belah buang ingsang dan isi perutnya, beri jeruk nipis sisihkan
. 1 btr telor

– Bumbu uleg :
. 2 baput
. Garam
. Sedikit jahe

– Bumbu lainnya :
. Merica bubuk
. 1 ruas laos geprek
. 4 dn salam
. 1 batang sereh geprek

– Cara :
. Tes rasa bumbu uleg, lumurkan ke bandeng secara merata, taruh sereh & laos di perutnya tutup.
. Didihkan kukusan, masukkan bandeng tata dn salam 2 sbg alas & 2 sbg penutup bandengnya. Kukus kurleb 20mnt.
. Setelah dingin potek bandeng sesuai selera cabut duri2 yg terlihat, masukan kedalam kocokan telor yang sudah diberi sejumput garam & merica.
. Goreng hingga berwarna coklat keemasan
. Sajikan dengan sambel bawang atau sambel terasi

SAMBEL GORENG NDESO
– Bahan :
. 100gr kacang tholo, cuci rendam 1jam (sy tinggal urus anak sampai 3jam)
. 10 Tahu pong, cuci
. 1/2 papan tempe agak semangit
. 2 papan pete
. 65ml santan kara
. 600ml air putih
. Minyak untuk menumis

– Bumbu uleg :
. 4 baput
. 6 bamer
. 11 cabe merah kriting

– Bumbu cemplung :
. 2dn salam
. 2ruas laos
. 6 rawit
. Garam
. Gulput
. Kaldu jamur

. – Cara :
. Tumis bumbu uleg sampai matang, lalu masukkan salam laos
. Tuang kacang beserta air rendaman, air putih biarkan mendidih dan kacang matang
. Masukan garam, gulput, kaldu jamur, tempe, tahu
. Setelah matang semua masukan santan, tes rasa
. Terakhir masukkan rawit dan pete aduk rata
. Matikan kompor

PEPES IKAN KEMBUNG DAUN SINGKONG
– Bahan :
. 4 ikat dn singkong petik daun yang muda rebus sebentar diberi dikit garam, tiris
. 4 ekor ikan kembung buang isi perut & kepalanya, beri jeruk nipis & garam, sisihkan
. 1/4 btr kelapa parut agak muda
. 4 btg sereh ambil putih, geprek
. 4 iris laos, geprek
. 4lbr dn salam
. Dn pisang, panaskan dikompor/ jemur secukupnya

– Bumbu uleg :
. 2 cabe merah keriting ( bisa ditambah jika ingin pedas)
. 3 baput
. 6 bamer
. Garam
. Gulput
. Kaldu Jamur

– Cara :
. Didihkan kukusan
. Tes rasa bumbu ulegnya lalu lumuri ikannya, sisa bumbu tuang di wadah
. Campur kelapa parut, dn singkong, sisa bumbu
. Tata masing2 ikan diatas daun pisang beri salam, laos, sereh, selimuti dengan daun singkong, bungkus rapi masukkan ke kukusan yang telah mendidih

Kumpulan Resep Puding Sehat untuk Si Kecil

Anak anda susah makan wortel? Ini ada solusinya guys. Buat si kecil yang kurang suka wortel, bu ibu bisa menggunakan salah satu trik ini nih. Puding wortel bisa menjadi solusi yang tepat bagi anak anda yang susah untuk makan sayuran. Tenang saja, dengan wortel yang diolah menjadi puding maka rasa wortel tidak akan terlalu terasa dan si kecil bisa mendapatkan nutrisi tersebut.

PUDING WORTEL

Bahan :
. 250gr wortel import
. 750ml (air putih+sari wortel)
. 140gr gulpas / sesuai selera
. 1bungkus agar2 plain

Topping :
. 200gr nanas madu matang

Cara :
. Nanas cuci dg air garam, potong sesuai selera
. Juice wortel dg juicer (tdk sy saring). Bila tidak punya bisa dg blender baru disaring
. Tambahkan air putih menjadi 750ml ya
. Gulpas, agar2
. Aduk sampai larut semua baru masak dg api sedang aduk sesekali sampai mendidih
. Tata nanas diwadah/cetakan yg diinginkan, setelah uap panas hilang lalu siramkan agar2 perlahan diatasnya
. Biarkan dingin dg sendirinya baru masukan ke dalam kulkas
. Sajikan dalam keadaan dingin lebih nikmat

 PUDING LUMUT COKLAT

Nah, yang satu ini adalah resep puding lumut coklat. Tenang saja guys, puding ini tidak beneran pakai lumut kok. Lumut dari puding ini rupanya terbuat dari kuning telur loh.

Bahan Coklat :
. 650ml susu UHT coklat
. 1sdm bubuk coklat
. 100gr gulpas/sesuai selera
. 1bungkus agar2 coklat/plain

Cara :
. Tuang dan aduk rata semua bahan jadi satu sampai larut
. Masak dg api sedang sambil diaduk sesekali sampai mendidih
. Biarkan uap panas hilang lalu tuang di cetakan/wadah yg diinginkan

Bahan lumut :
. 450ml air putih
. 65ml santan kara
. 135ml endapan air pandan
. 100gr gulpas/sesuai selera
. 1sdt vanilla essense
. 1sdt pasta pandan
. Sejumput garam
. 2btr telur
. 1bungkus agar2 plain

Cara :
. Kocok telur lalu saring
. 5 daun pandan blender dg air secukupnya, saring 2x ambil airnya
. Tuang dan aduk rata semua bahan jadi satu
. Masak dg api sedang dan aduk terus ya sampai mendidih spya terbentuk lumutnya
. Biarkan uap panas hilang lalu tuang diatas coklat yg sudah berlangit2
. Biarkan dingin dg sendirinya lalu masukkan kulkas
. Sajikan

Resep Olahan Makanan dengan Bahan Baku Non Daging

Sering ga sih bingung cara mengolah bahan masakan yang non-daging?Pasti menjadi sebuah kebingungan untuk memasak karena mesti banyak bumbu dan rempah yang digunakan agar bahan masakan non daging bisa tetap menjadi lezat. Nah, disini ada beberapa resep makanan yang menggunakan bahan baku non daging tapi tetap enak loh!

TELUR TAUCO PEDAS

. Bahan :
. 1/2kg telor
. 50gr tauco
. 65ml santan kara
. 400ml air putih
. 1 papan pete belah
. Air asam jawa secukupnya
. 2btr tomat ijo sedang potong2
. 9 lombok ijo besar rajang serong
. Sejempol jahe
. 1btg serai geprek
. 2dn salam
. Seruas laos geprek
. Gulpas
. Kaldu jamur
. Minyak goreng .

. Bumbu uleg :
. 4 baput
. 8 bamer
. Garam

. Cara :
. Rebus telur, kupas. Goreng diminyak panas sampai telur terendam dg api sedang. Sisihkan
. Tumis bumbu uleg smp harum, masukkan cabe, salam, laos, jahe, serai, pete, air asam, tauco, gulpas, kaldu jamur, tomat smp cabe matang. Br tuang air, biarkan smp mendidih bumbu tercium wangi
. Masukkan telor, santan, kecilkan api smp bumbu agak meresap. Tes rasa
. Sajikan & taburi bwg goreng

MIE GODOG JAWA

Bahan :
. 150gr mie telur
. 600ml air putih
. 1btr telur
. 50gr dada ayam tanpa kulit
. Gulpas
. Kaldu jamur
. Minyak goreng

Bumbu uleg :
. 3 baput
. 2 kemiri sangrai
. Merica
. Garam

Sayuran :
. Kol
. Sawi hijau
. 2btg daun bawang
. Tomat merah

Pelengkap :
. Bawang goreng
. Cabe rawit
. Saledri rajang

Cara :
. Didihkan air, beri sdkit minyak rebus mie kurleb 3 menit. Jangan terlalu lama.
. Lumuri ayam dg jeruk, cuci bersih, potong2
. Cuci sayuran & potong sesuai selera
. Orak arik telur sisihkan. Tumis bumbu sampai harum, ayam sampai matang. Tuang air. Tutup tunggu mendidih . Masukkan semua sayuran, gulpas, kaldu jamur. Tutup lg smp sayuran matang
. Lalu tes rasa. Masukkan mie tunggu mendidih lg
. Sajikan selagi panas, tambahkan pelengkap

TEMPE GORENG KRIUK

. 1/2 papan tempe, potong 6 serong . Minyak untuk menggoreng

Bumbu rendaman :
. 1baput uleg
. 1/2sdt ketumbar bubuk
. 1sdm munjung tpg beras
. 70ml air putih
. Garam sesuai selera
. Kaldu jamur

Cara :
. Campur rata bumbu rendaman, rendam tempe kurleb 5 menit
. Panaskan minyak goreng, goreng tempe dg api sedang smp berwarna kuning keemasan
. Sajikan selagi hangat

Cemilan Nikmat Ala Restoran Bintang 5

PUDING SUSU COKLAT LUMUT

Bahan coklat :

  • 800 ml Ultra coklat UHT
  • 1 shaset chocolatos
  • 1 bgks agar2 plain/coklat

Cara membuat :

  • Aduk semua bahan coklat dengan merata, masak & aduk perlahan hingga mendidih dg api sedang.
  • Biarkan sejenak uap panas hilang, tuang perlahan di cetakan
  • Sisihkan

Bahan lumut :

  • 2 btr telur – kocok
  •  100 ml air (1 lbr dn pandan, blender) – saring
  •  65 ml santan instan
  •  615 ml air putih
  •  1 sdt vanilla cair
  •  2 sdt pasta pandan
  •  Sejumput garam
  •  100 gr gulpas
  •  1 bgks agar2 plain/hijau

.Cara membuat :

  • Aduk merata semua bahan lumut hingga larut, lalu saring
  • Masak & aduk perlahan hingga mendidih dg api sedang.
  • Biarkan sejenak uap panas hilang, tuang diatas adonan coklat yg sdh agak mengeras dg sendok sayur perlahan2 ya.
  •  Tunggu hingga puding dingin, baru masukkan kulkas.

SETUP PISANG

Bahan :

  •  10bh pisang – kupas & potong sesuai selera
  •  1250ml air putih
  •  200gr gulmer / sesuai selera
  •  1lbr daun pandan
  •  5 cm batang kayu manis
  •  5 biji cengkeh
  •  3 sdm gulpas / sesuau selera

Cara :

  •  Didihkan air, masukkan gulmer setelah larut lalu saring
  • .Masukkan cengkeh, dn pandan, kayu manis, gulpas, pisang
  •  Tes rasa, sajikan

Pizza Homemade

Bahan
. 300gr tp terigu protein tinggi
. 1.5 sdt fermipan
. 2 sdt gulpas
. 1 sdt garam
. 195 ml air hangat kuku
. 2 sosis jumbo – potong bulat
. 1 paprika merah – potong2
. 4 sdm saus tomat
. Keju parut secukupnya
. Bumbu/saus bolognese
. 2 sdm minyak sayur

Cara :
. Air hangat, gulpas, garam, fermipan aduk merata. Biarkan 10 menit akan berbuih.
. Ayak tepung, tuang air hangat dikit demi sedikit lalu uleni merata. Tuang minyak sayur lalu uleni lagi sampai kalis.
. Taruh di wadah yg sudah diolesi minyak supaya tidak lengket. Tutup dg serbet bersih 1 jam biarkan mengembang
. Panaskan oven. Taruh adonan di loyang pizza & ratakan. Tusuk2 dg garpu dg merata tunggu 10 menit. . Lalu oleskan saus tomat, bumbu bolognese, paprika, sosis, beri keju parut.
. Panggang di oven 15 menit suhu 180 (tergantung masing2 oven ya)
. Apabila masih kurang matang, boleh disesuaikan dengan oven masing – masing
. Potong2 & sajikan dg saus sambal, mayonaise

Daftar Menu Masakan Lezat untuk Anak Kos

Cah kangkung / tumis kangkung

Masakan simple hanya butuh 30 menit (tergantung masaknya banyak gak sih ) contoh krna ak masakin 9 orang jadinya masak kangkung aja 8 ikat  yang lama itu motongin daun dari batangnya kan musti satu2 bener apa bener? sabar deh yaa

Nb: masak sayur jangan lama² ya ,krna bisa ngurangin kandungan vitaminnya, apalagi di panasin bahasa jawane di Ngat nget ngat nget lagi duh jangan yaa
Anyway,

Bahan:
3 ikat sayur kangkung
Gula jawa secukupnya
Garam secukupnya
Saos tiram secukupnya
Minyak goreng
Air secukupnya

Bumbu iris:
5 Bawang merah
5 Bawang putih
Bawang bombay (boleh di skip)
Cabe merah disesuaikan
Cabe rawit jika pngn lebih pedes

Cara memasak:
– Tumis bumbu iris hingga harum, masukkan kangkung ,beri air.
– Setelah menyusut kangkungnya, beri garam, saos tiram, gula jawa lalu aduk sampai rata dan tunggu sampai matang.
– Koreksi rasa jangan lupa
– Sajikan dengan di taburi bawang goreng , di makan dengan nasi hangat, gorengan +es teh behh… Mantap deh

Sayur bobor bayam khas klaten

Biar gak bosen ya kan masak daging trus, kepala pusing kebanyakan daging, harus diimbangin sayur  ini salah satu masakan khas klaten sederhana tapi mantap deh hehe

Bahan:
2 ikat Sayur bayam
1 Labu siam di potong kecil kecil
Air secukupnya
Santan
Gula jawa secukupnya
1 ruas Lengkuas
2 lembar Daun salam
Penyedap rasa secukupnya

Bumbu halus:
3 Bawang merah
5 Bawang putih
2 Kemiri
Ketumbar secukupnya
Garam secukupnya
1 ruas Kencur

Cara memasak:
– Didihkan air tambahkan bumbu halus, lengkuas, daun salam ,lalu masukkan labu siam diamkan sebentar.
– Tambahkan gula jawa, penyedap rasa, dan santan.
– Aduk sesekali agar santan tidak pecah.
– Koreksi rasa jangan lupa
– Sajikan dengan di taburi bawang goreng, nasi hangat, sambal terasi & tempe goreng, Yummmyy

Rica-rica daging sapi

Bahan :
Daging di rebus biar empuk
Daun jeruk
Gula jawa
Bumbu kaldu sapi
Jahe di geprek
Minyak goreng
Air secukupnya

Bumbu halus:
Cabe merah besar
Cabe rawit
Bawang merah
Bawang putih
Garam
Tomat

Cara memasak:
– Tumis bumbu halus bersamaan daun jeruk, jahe.
-Tambahkan daging yang sudah di potong kecil kecil aduk sampai rata tambahkan gula jawa, air dan bumbu kaldu sapi.
– Aduk sampai rata, tunggu hingga air menyusut dan koreksi rasa.

Cabenya bisa di sesuain yang pecinta pedess banynakin cabe rawitnya .. biar pedesnya makin nampoolll

Pecinta Petai Wajib Masak Resep Ini

Petai merupakan salah satu makanan yang kontroversial sekali di Indonesia. Ada yang suka makan, ada juga yang tidak tahan dengan bau nya. Nah, jika anda pecinta pete, disini ada beberapa resep olahan agar makanan ini menjadi sangat lezat.

SAMBAL PETE

Bahan:
10 papan pete lalu kupas
Garam
Gula pasir
Minyak goreng secukupnya
Air secukupnya

Bumbu ulek:
29 rawit merah
7 cabe merah
9 siung bawang merah
5 siung bawang putih
1 buah tomat merah
20 buah tomat cerry

Cara:
– Tumis bumbu ulek hingga harum dan mateng, lalu masukkan pete bumbui dgn garam dan gula pasir, aduk rata tambahkan sedikit masak sampai asat, koreksi rasa dan sajikan

Pete Tumis Ebi

6 papan petai — cuci bersih
2sdm ebi —- direndam air panas
4 siung bw putih
10 cabe rawit
3lb daun salam
Garam , gula secukupnya
Air secukupnya

Ulek kasar ebi , bawang dan cabe hingga halus.. Tumis dengan minyak lalu masukan sisa bahan semua kecuali petai ( karena pak suami suka nya petai nya setengah matang ).

GURAME ASAM MANIS

Bahan :
-1 ekor gurame, fillet lalu daging potong dadu di beri pesan jeruk nipis, bilas.
Lalu beri putih telur sesuai kebutuhan aduk sampai setiap bagian terlumuri.

Bahan Tepung :
– tepung bumbu.
– tepung sagu.
[Takaran tempung sesuai kebutuhan]
Campur kan tepung diaduk rata.

Bahan Bumbu :
– 5 siung bawang putih cincang.
– 2 bawang bombay iris.
– 2 buah paprika hijau & merah iris.
– Seruas jahe (boleh di geprek, boleh di iris)
– nanas potong secukupnya.
– lada hitam.

Bahan Saus :
– air sesuai kebutuhan.
– saus tomat sesuai kebutuhan.
1 sedok makan saus tiram
1 sedok makan saus sambal
Garam gula dan kaldu bubuk bila perlu.

Cara Membuat :
1) tulang dan daging yg sudah di beri putih telur masukkan kedalam tepung kering balur sampai rata lalu diamkan -+15 menit, kemudian goreng sampai matang, tiriskan.
2) Tumis bawang putih, bawang bombay, jahe. hingga harum masukkan bahan saus aduk rata, masukkan irisan nanas dan paprika, lada hitam koreksi rasa.
3) Masukkan ikan goreng (dagingnya saja) masak hingga saus mengental, matikan api. Hidangkan diatas tulang ikan goreng, siap sajikan.

Resep Makanan untuk Penuhi Gizi Harian

Kumpulan resep untuk ide memasak setiap hari sangat mudah dan juga sederhana. Lengkapi nutrisi harian anda dengan berbagai masakan rumahan yang lezat dan sehat.

Kangkung Cah Belacan

Bahanny
————–
-5 ikat kangkung kecil ,petik cuci bersih
-10 siung bwg merah iris
-5 siung bwg putih iris
-sejempol lengkuas geprek
-terasi secukup ny
-1 sdt garam
-1 sdt kaldu jamur
-1 sdm gula pasir

Bahan halus
——————–
-15 cabe merah keriting
-15 cabe rawit merah
-2 kemiri bakar
-10 siung bwg merah
– 4 siung bwg putih

Caranya
————–
-panaskan minyak dalam wajan secukup nya,
Masukkan bawang merah,putih iris goreng hingga aga kuning, masukkan lengkuas,bumbu halus ,gula pasir, goreng hingga harum.
Masukkan terasi ,garam ,kaldu kemudian masukkan kangkung beri sedikit air tes rasa jika sudah pas angkat dan sajikan.

Soto Kuning Ayam

Bahan:
————-
– 2 ltr air
-1/2 ekor daging ayam belah jdi 2 ( ambil bagian dada) rebus dgn 1L air hingga empuk . -Pisahkan ayam (disuwir2) dan kaldu. Sisihkan.
-200gr bihun ( siram dgn air panas, diamkan hingga empuk)
-200gr Kol (iris, rebus sebentar, tiriskan)
-200gr kentang ( potong lalu goreng)
-6 btr telur ayam (rebus)
-250gr tauge (rebus sebentar , tiriskan)
-3 btg wortel potong2
-2 btg daun bawang
-garam, gula ,penyedap jamur sesuai selera

Bahan taburan
———————–
-Bawang goreng
-Jeruk nipis
-daun bawang iris2

Bumbu buat kuah:
—————————-
4lbr daun salam
4lbr daun jeruk
3btang sereh
2ruas jari Lengkuas

Bumbu halus:
———————-
-1 sdt ketumbar
-3ruas jari kunyit
-4btr kemiri
-3ruas jari jahe
-15 siung bawang merah
– 5 siung bawang putih
Minyak goreng secukupnya (utk menumis)

Caranya
————-
– Siapkan panci rebus air , ayam ,daun salam + daun jeruk + lengkuas + sereh + wortel + daun bawang
– Angkat ayam yang sudah empuk tiriskan , suwir2 dan di oseng2 sebentar biar aga kering.
– Tumis bumbu halus +minyak goreng hingga harum.
– Masukkan bumbu yang sudah dimasak kedalam panci rebusan ayam ,lalu sambil diaduk2 beri garam, gula, penyedap dan lada secukup nya.
-Tes rasa jika sudah pas ,siap disajikan.
5. Sajikan bersama dgn kol + bihun+ touge +kentang. Tata bersama ayam yg sudah disuwir , bawang goreng, seledri , juga telur rebus. Hidangkan bersama dgn irisan jeruk nipis & sambal yg superrrr pedas.
Selamat mencoba

Resep Jualan Roti yang Menguntungkan

Salah satu ide bisnis yang sangat dapat diandalkan ketika masa pandemi seperti ini adalah dengan menjual makanan. Pada saat seperti ini, orang – orang banyak yang bekerja di rumah dan lebih cenderung memesan makanan dari luar.

Nah, menjual cemilan roti adalah salah satu kesempatan besar yang dapat anda manfaatkan untuk mencari penghasilan tambahan di saat pandemi seperti ini. Selain itu, membuat roti juga sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Margin keuntungan dalam membuat roti sendiri dapat dikatakan cukup besar. Dengan waktu yang singkat, anda bisa memproduksi banyak roti sehingga bisa mendapatkan keuntungan yang cukup banyak. Ini dia beberapa resep roti anti gagal.

Banana Bread

Bahan :

-350 gr pisang bebas (kira2 4/5)
-120 gr butter leleh
-2 butir telur
-1 sdt vanilla paste
-1 sdt garam
-45 gr gula pasir
-50 gr gula palem
-1 sdt baking powder
-1/4 sdt baking soda
-1 sdt bubuk kayu manis
-30 gr susu bubuk
-250 gr tepung terigu pro sedang

Topping
————-
-1 sdm selai Biscoff
-coklat chip secukup nya

Caranya :

Dalam bowl masukkan gula dan telur mix dengan whisk sampai cair.
Kemudian masukkan tepung terigu ,vanila, garam, bp,bs,susu bubuk,aduk2 sampai rata.
Masukkan pisang yang sudah di haluskan
Masukkan butter yang sudah di cairkan, adonan aga kental.
Tuang ke dalam loyang yang sudah di alas kertas. Aku pake loyang uk 22x11x5
Masukan selai biscoff di tegah2 adonan ,lalu taburi coklat chip.
Panggang dalam oven dengan suhu 185 derajat api atas bawah hingga matang.

Cake Ketan Hitam

Bahan2
————
-5 butir telur uk besar
-100 gula pasir
-100 brown sugar
-1 sdt garam
-150 tepung ketan item
– 80 tepung kunci
-120 gr butter
– 80 ml minyak
– 30 gr susu bubuk
– 1 sdt vanilla

Caranya :

-Mikser telur dan gula hingga menggembang kental berjejak, masukkan vanilla dan garam.
-Masukkan tepung, dan susu bubuk perlahan,matikan mikser.
-Tuang butter cair dan minyak Aduk perlahan dengan spatula hingga tercampur semua.
-Tuang kedalam loyang yang sudah di oles margarin dan tabur tepung.
-Panggang dalam oven dengan suhu 180 selama 40mnt atau hingga matang.

Kumpulan Cemilan Sore Teman Ngopi

Ketika PPKM melanda yang tidak ada ujungnya ini, tentu saja banyak dari kita yang WFH. Nah, di sore hari ketika energi sudah mulai turun, pastikan tubuh anda tetap terjaga dan kenyang. Disini ada kumpulan beberapa resep cemilan yang dapat anda jadikan teman untuk ngopi sore ataupun nge teh.

Pisang Krispi Coklat Keju
By : @yoanitasavit

Bahan :
5 buah pisang (aku pakai pisang siam)
Coklat compound secukupnya
Keju parut secukupnya
Tepung panir

Adonan basah :
Tepung terigu
Susu bubuk
Air
Garam, gula pasir

Cara buat :
1. Buat adonan basah (tekstur kental) maaf tidak di timbang, pakai perasaan koreksi rasa ya..
2. Potong pisang menjadi 2 bagian memanjang, celupkan ke adonan basah lalu balur dengan tepung panir
3. Masukan kulkas 15 menit. Panaskan minyak di wajan, goreng pisang hingga matang. Tiriskan
4. Lelehkan coklat dengan cara di tim. Olesi pisang dengan coklat dan taburi keju parut. Sajikan hangat

Roti Panggang
By:@yoanitasavit

Bahan:
4 lembar roti tawar
Mentega
Gula pasir
Keju parut

Cara buat :
1. Panaskan oven
2. Belah roti sesuai selera, oles dengan mentega
3. Taburi gula pasir dan keju parut
4. Panggang kurang lebih 10 menit hingga agak kecoklatan
5. Sajikan hangat

Roti Panggang Telur Keju
By : @yoanitasavit

Bahan :
Roti tawar
Telur
Keju parut
Parsley kering
Margarin

Cara buat :
1. Siapkan roti tawar, tekan2 bagian tengah nya
2. Oleh pinggiran roti dengan margarin, taburi keju parut
3. Masukan telur di tengah roti, taburi parsley
4. Panaskan oven terlebih dahulu. Panggang di oven selama 10 menit dengan suhu 200derajat (sesuai oven masing2)

PISANG BAKAR KEJU COKLAT
by : @yoanitasavit

Bahan :
Pisang uli secukupnya (pilih yg besar)
Margarine untuk olesan
Mesis secukupnya
Keju parut secukupnya
Susu kental manis secukupnya

Cara buat :
1. Kupas kulit pisang lalu belah 2, olesi pisang dengan margarine
2. Panaskan pan anti lengket, panggang/bakar pisang bolak balik sambil di oles lagi dengan margarine hingga agak kecoklatan
3. Sajikan pisang bakar dengan taburan keju, mesis dan susu kental manis

Roti Gulung

Bahan :
Roti tawar secukup nya
Selai
1 butir telur
5 sdm susu cair
Gula secukup nya
Sedikit butter
1 sdt cinnamon powder

Caranya :
Beri selai pada selembar roti,lalu gulung.
Kocok lepas 1 butir telur,beri susu cair,aduk rata.panaskan pan,oles tipis dengan butter,masak hingga sedikit kecoklatan.campurkan gula dan bubuk kayu manis,aduk rata.lalu balurkan roti yg sudah di panggang tadi pada gula

Nasi Bakar Ayam Ditemani dengan Jamur Crispy

Bingung mau makan apa hari ini? Yuk masak nasi bakar ayam saja. Rupanya membuat nasi bakar sangat mudah sekali loh. Dengan bahan yang sederhana, nasi yang sangat harum ini sudah bisa dibuat di rumah dan dihidangkan di meja makan anda.

Disini kita bukan hanya akan membahas resep nasi bakar ayam, ada juga teman setianya yaitu jamur crispy. Perpaduan antara dua makanan ini akan sangat lezat sekali dan melengkapi hari dengan rasa yang nikmat.

NASI BAKAR AYAM

Bahan:
1 buah dada ayam, iris. (saya tambah ati ayam)
5 porsi nasi
3 batang serai, iris
5 lembar daun salam
5 buah cabe rawit
1 ikat kemangi, siangi
2 buah cabe merah, iris
1 batang daun bawang, iris
Garam & gula pasir secukupnya
65 ml santan kental
Minyak untuk menumis
Air secukupnya
Daun pisang

Bumbu halus:
6 siung bawang merah
6 siung bawang putih
4 butir kemiri

Cara membuat:
1. Tumis bumbu halus sampai matang, masukkan ayam, aduk sampai berubah warna, beri sedikit air, aduk. Masukkan garam, gula pasir & santan. Aduk & masak sampai ayam matang & air menyusut.
2. Masukkan nasi, cabe merah & daun bawang, aduk rata. Tes rasa. Matikan api.
3. Ambil daun pisang, tata diatasnya: daun salam, serai, kemangi & nasi. Beri cabe rawit utuh. Bungkus & semat dengan lidi, lalu bakar.

JAMUR CRISPY

Bahan:
200 gr jamur tiram
200 gr tepung terigu
1 sdm tepung maizena
Garam, merica bubuk & kaldu bubuk secukupnya
1/4 sdt baking soda
1/2 sdt cabe bubuk (opsional)
Air es secukupnya
Minyak untuk menggoreng

Cara membuat:
1. Cuci bersih jamur, peras airnya lalu suwir-suwir.
2. Campurkan terigu, maizena, garam, merica bubuk, kaldu bubuk, cabe bubuk & baking soda, aduk rata.
3. Masukkan jamur ke campuran tepung, lalu celupkan ke air es, setelah itu masukkan lagi ke campuran tepung. Goreng dalam minyak banyak sampai kering.

Mudah ya ternyata membuat menu satu harian hanya menggunakan 2 resep saja. Bahan yang diperlukan serta alat memasak juga tidak banyak loh. Yuk bikin nasi bakar ayam sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Menu Hidangan Rumahan Satu Harian

Apabila anda suka memasak di rumah dan bingung ingin masak apa, disini kita akan membahas tiga resep sekaligus untuk dimasak satu harian penuh.

Kalo di kampung Jembrana Bali ini namanya JUKUT RAMBANAN mungkin mirip sayur bobor ya (koreksi jika salah ya)
bumbunya gk ditumis, tidak ada kandungan minyak goreng sama sekali, untuk jenis sayurannya bisa ditambahin terong ungu, mentimun atau kecipir jg…

BAHAN:
1 ikat bayam (petik daun, cuci bersih, tiriskan)
1 bonggol jagung manis ukuran besar (potong2 & pipil)
5 buah kacang panjang (potong2)
Segenggam kemangi
1 ruas lengkuas geprek
2 lembar daun salam
Secukupnya santan (me: 1 sdm santan kental instan)
Secukupnya garam, kaldu jamur n gula pasir

Bahan Bumbu Halus;
3 siung bawput
1 ruas kencur
1 buah cabai rawit
1 batang serai

Cara Memasak:
-Panaskan air putih, kemudian masukkam bumbu halus, lengkuas & daun salam
-Setelah mendidih, masukkan kacang panjang, masak hingga 1/2 matang, kemudian disusul jagung, jika sudah agak matang, bisa masukkan bayam,
-Tambahkan santan, bumbui dgn garam/ kaldu jamur & gulpas, koreksi rasa
-Jika sudah matang, matikan api, beri daun kemangi, aduk rata, sajikan

“ANEKA PEPES”
= PEPES IKAN PINDANG =

Porsi 2 orang

Bahan:
1 ekor ikan pindang ukuran besar
Daun salam

Bumbu Halus:
5 siung bawang putih
2 buah cabai merah besar
6 buah cabai rawit
1 ruas kencur
1 buah tomat buang bijinya
Secukupnya garam/kaldu jamur & gula merah

Cara Membuat:
Bersihkan ikan pindang, haluskan bumbu
Siapkan daun pisang, beri daun salam, taruh bumbu halus, kemudian ikan dan tutup kembali dgn bumbu, bungkus
Panggang pepes hingga matang, sajikan

Resep nya simple banget tpi enak, dan yg pasti ikan pindangnya yg seger yah, selamat mencoba.

=TUMIS BUNCIS WORTEL=

Bahan:
Buncis
Wortel
Bawang merah
Bawang putih
Cabai rawit
Secukupnya air putih, minyak wijen, merica bubuk, garam, kaldu jamur & gula pasir

-Tumis duo bawang hingga harum, tambahkan air putih, masukkan cabai, wortel & buncis
-Bumbui garam, kaldu jamur, merica bubuk, gulpas, garam & minyak wijen
-Masak hingga air menyusut n sayur matang, koreksi rasa, sajikan

Resep Donut Enak Jajanan Pasar

Donat adalah salah satu cemilan yang berbentuk sangat unik sekali. Pada umumnya donat berbentuk cincin dengan lubang di tengahnya. Awalnya donat memiliki isian atau rasa yang manis, namun seiring berjalannya waktu, kini donat yang rasanya asin pun juga sudah ada kreasinya.

Asal usul donat ini pun sebenarnya belum diketahui secara pasti. Ada yang mengatakan bahwa donat berasal dari Amerika, ada juga berita mengatakan bahwa donat adalah makanan khas Belanda. Donat rupanya masuk ke Indonesia sejak tahun 1968 di PRJ (Pekan Raya Jakarta).

Hingga sampai saat ini rupanya donat sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia dan menjadi populer. Brand donat terbesar yang berasal dari Indonesia adalah J.Co yang saat ini memiliki banyak sekali gerai donat di setiap sudut di kota – kota yang ada di Indonesia.

Kali ini kita akan membahas cara membuat donat yang sangat mudah dan juga enak. Dengan resep dibawah ini anda sudah tidak perlu beli donat lagi karena bikin sendiri sudah ketahuan bahannya fresh dan higienis tanpa pengawet.

Resep Donut

bahan:
500gram terigu pro tinggi ( me: komachi)
4 butir kutel
60gram gula pasir
80gram margarin
11 gram ragi instant (me: angel)
1/2 sdt garam
260ml susu cair

cara membuat:
1.campur terigu+gula pasir+ragi+kutel+susu cair
campur bentar
Sesudah campur rata tambahin margarin dan garam

2.Mixer atau ulenin sampai kalis elastis kurang lebih stengah jam
tutup dgn serbet dan diamkan stengah jam
setelah adonan mengembang

3.bagi adonan kurleb 30gram lalu bulatkan
(total hasil 32 biji gitu )
Diamkan 10 menit

4.siapkan minyak panas , ambil 1 bagian dan
tengah2 di lubangin dan putar pakai jari dan siap di goreng
pakai api sedang ya supaya tidak cepat gosong
setelah berwarna kecoklatan angkat dan lumuri dgn donut glaze (me: elmer )
taburi dgn meises sesuai keinginan

Ternyata membuat donat sangat gampang sekali bukan? Dengan menggunakan bahan – bahan sederhana yang bisa anda temukan di tempat menjual peralatan kue, anda sudah bisa membuat donat sendiri di rumah.

Resep Nasi Mandhi Asal Arab

Nasi Mandhi atau biasa disebut juga dengan nasi mandi adalah makanan khas selatan yaitu Arab. Nasi ini terdiri dari daging dengan khas rempah – rempah yang sangat kuat sekali. Di daerah asalnya, nasi mandhi merupakan makanan pokok para masyarakat yang ada disana.

Dinamakan nasi mandhi adalah karena mandhi sendiri berasal dari bahasa arab yang berarti embun. Embun ini mencerminkan daging yang sangat lembab dan empuk. Maka dari itu daging dari nasi mandhi akan direbus sampai empuk sekali. Kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat nasi mandhi di rumah. Ini dia resep nasi mandhi dengan bahan paling simple dan rasa yang lezat.

Resep Nasi Mandhi

Bahan:
Iga Sapi 700gr
Brasmati 250gr
minyak samin 1sdm
minyak 3sdm
kaldu iga sapi 1000ml

Bumbu:
bombay 1bh, iris
bawang putih 4siung, haluskan
jahe 4cm, haluskan
serai 1btg, geprek
kayu manis 1btg
cengkeh 4bh
kapulaga india 5bh
garam masala 1sdm
pala 1/2bh
jintan bubuk 1sdm
kunyit bubuk 1/2sdt
garam 2sdt
kaldu bubuk 2sdt

Cara membuat:
cuci brasmati, rendam 1jam
rebus iga sapi, lalu buang airnya, ganti air baru 1500ml tambahkan 1sdt garam n presto 40mnt
panaskan minyak, tumis bombay hingga harum
masukkan bawang putih n jahe yg dihaluskan, masak hingga tanak
masukkan serai, kayu manis, cengkeh, kapulaga, pala, jintan, kunyit, garam, kaldu aduk rata
tambahkan iga sapi n air kaldunya 1000ml
masak hingga bumbu meresap lalu angkat iga sapinya
masukkan brasmati, masak hingga air menyusut
lalu kukus 30-40mnt hingga matang
goreng iga sapi
sajikan, selamat mencoba

Sekarang anda tidak perlu jauh – jauh lagi pergi ke arab jika ingin mencoba makanan khas arab ini. Sekarang sudah ada resep nasi mandhi yang dapat anda buat dengan bahan paling sederhana. Bahkan bahan membuat nasi khas arab ini bisa anda temukan di supermarket terdekat.

Masak sendiri di rumah juga bisa menjamin bahwa makanan tersebut lebih sehat dan higienis. Di masa pandemi sekarang menjaga kesehatan adalah sesuatu yang paling penting bagi kita semua.

Resep Spicy Beef Rendang Maknyus dan Mudah

Rendang adalah makanan khas nusantara yaitu dari Sumatera Barat. Makanan ini telah sampai ke luar negeri dan menjadi favorit juga di beberapa negara. Rendang merupakan salah satu makanan yang sangat enak sekali dengan bumbu khas yang sangat kuat rasanya. Daging rendang juga sangat empuk sehingga gampang untuk dikunyah dan dicerna.

Resep Spicy Beef Rendang by @ryanaoktariany

Kali ini kita akan membahas resep mudah dan sederhana bagaimana cara membuat rendang. Bahan dan perlengkapan yang dibutuhkan sangat sederhana sehingga tidak perlu repot.

Bahan :

  • Daging sapi – 1 kg
  • Kelapa tua – 3 buah (untuk 2L santan kental)
  • Asam kandis – 1 buah
  • Serai – 2 buah
  • Daun jeruk purut – 5 lembar
  • Daun kunyit – 1 lembar

Bumbu halus :

  • Bawang putih – 7/8 siung
  • Bawang merah – 15 buah
  • Cabai rawit setan– 7/9 buah (sesuai selera)
  • Lengkuas – 25 gr
  • Jahe – 25 gr
  • Garam – 1 sendok teh
  • Gula aren – secukupnya
  • Bumbu pelengkap :
  • Gula pasir – 2 sendok teh
  • Penyedap rasa sapi – 1 bungkus
  • Merica – secukupnya

Cara Membuat :

  1. Bersihkan dan potong – potong daging sapi sesuai selera, sisihkan. Buang tulang daun jeruk purut, iris kasar daun kunyit dan geprek batang serai, sisihkan.
  2. Siapkan wajan masak (berbahan dasar besi) dan masukkan ke dalam wajan tersebut; daging sapi dan resep bumbu halus rendang yang telah dihaluskan tadi. Aduk dan campur rata.
  3. Kemudian tuangi 2 L santan kental segar dan masukkan serai geprek, daun kunyit, daun jeruk purut dan asam kandis, nyalakan api sedang dan masak (sambil terus diaduk agar santan tidak pecah) semua bahan bumbu di atas api sedang hingga santan mendidih. (-/+ selama 30 – 50 menit). Jika sudah Kecilkan api dan masak kembali resep bumbu rendang daging padang tersebut selama 60 – 90 menit di atas api kecil – sedang hingga minyaknya keluar & jgn lupa trs diaduk agar bawahnya tdk gosong ya.
  4. Note : Tuangi santan encer (jika tekstur daging sapi masih keras. [opsional]
  5. Koreksi rasanya, tambahkan garam (sesuai selera), gula pasir, penyedap rasa sapi jika perlu. Jika sudah pas, maka resep rendang daging sudah siap untuk disajikan.
  6. Hidangkan dengan nasi hangat..

Condiment :

Cukup dihias dgn irisan daun bawang/seledri, taburi potongan cabai rawit yg sdh d buang bijinya & sbagai pelengkap taburi sedikit bawang goreng diatasnya dan dipercantik dengan irisan telur dadar gulung (tamagoyaki) sbg variasi.