Berbagai Resep Makanan Kreatif dan Mudah Dibuat

PERMISI SIOMAI KRIBO MAU LEWAT.
Nah kali ini pakai ikan yg ukuran sedang, tidak berlemak dan fresh banget.
So hasil siomainya Endolita.

Resep :
500gr daging ikan tenggiri giling.
350grm labu siam yg sudah di parut. (Berat bersih. Pakai parutan halus seperti parut keju)
400gr sagu
150ml air
3 bawang putih haluskan
5 bawang merah haluskan
2sdm saos tiram
1 sdm gula pasir
1,5 sdt penyedap jamur.
1sdt lada bubuk
Garam -/+ 2sdt)

1. Peras labu siam yg sdh di parut. Buang airnya.
2. Campur labu, ikan, semua bumbu kecuali sagu dan air.
3. Tuang air sedikit2 sambil aduk rata.
4. Masukan sagu sedikit2 , ratakan.
5. Bentuk pakek garpu biar ada efek keriting2. (Adonan di Kerok pakek garpu)
6. Rebus dgn api sedang tambahkan minyak 30-40ml
Jika sudah ngapung tunggu 3 menit lalu angkat.

KAMU TIM PETE APA JENGKOL ?

Saking bingung mau masak apa akhirnya masak ayam pete kemangi

2 paha ayam di fillet lalu iris kotak2
2 papan pete tua
Rawit iris2 sesuai selera
2 iket kemangi
1sdm saos tiram
1sdm kecap raja rasa
1sdt kaldu ayam bubuk
1/2 sdt gula
1/2 sdt garam
Bawang merah dan putih secukupnya.
Jahe 4 iris lalu iris lagi memanjang.

DONUT YUNANI VERSI SIMPLE

Resep :
250ml susu UHT
2sdm gula pasir
250 gr tepung terigu kunci.
1sdt ragi instan.

Campur semua bahan aduk hingga rata dan mengental. Tutup rapat tunggu adonan jd 2x lipat
Masukan dalam plastik segitiga gunting ujungnya.
Keluarkan adonan dr plastik sebesar bakso. Langsung goreng di api kecil
Kalau sdh ngapung dan kecoklatan angkat.
Topingnya aku pakai coklat batangan greentea sama coklat susu.

Fu Kien

Bahan
500 gr daging ikan tenggiri
100cc air es
1butir putih telur
3 sdm sagu
3 bawang merah haluskan
3 bawang putih haluskan
1/2 sdt lada bubuk
1sdt penyedap jamur
1sdt gula pasir
Garam secukupnya

Kulit kembang tahu secukupnya. Dan kulitnya ini rasanya sudah asin jd hati2 penggunaan garam.

Cara :
Campur semua bahan sambil uleni lalu masukan dlm plastik segitiga, semprot memanjang di atas kulit tahu.
Perekat bisa pakai air.
Setelah di bungkus, di padatkan dgn cara di gelinding beberapa kali dgn perlahan.
Potong sesuai selera lalu goreng dgn api sedang.

Kumpulan Resep Masakan yang Lezat dan Nikmat

BANDENG GORENG TELOR
– Bahan :
. 1 ekor bandeng sedang, belah buang ingsang dan isi perutnya, beri jeruk nipis sisihkan
. 1 btr telor

– Bumbu uleg :
. 2 baput
. Garam
. Sedikit jahe

– Bumbu lainnya :
. Merica bubuk
. 1 ruas laos geprek
. 4 dn salam
. 1 batang sereh geprek

– Cara :
. Tes rasa bumbu uleg, lumurkan ke bandeng secara merata, taruh sereh & laos di perutnya tutup.
. Didihkan kukusan, masukkan bandeng tata dn salam 2 sbg alas & 2 sbg penutup bandengnya. Kukus kurleb 20mnt.
. Setelah dingin potek bandeng sesuai selera cabut duri2 yg terlihat, masukan kedalam kocokan telor yang sudah diberi sejumput garam & merica.
. Goreng hingga berwarna coklat keemasan
. Sajikan dengan sambel bawang atau sambel terasi

SAMBEL GORENG NDESO
– Bahan :
. 100gr kacang tholo, cuci rendam 1jam (sy tinggal urus anak sampai 3jam)
. 10 Tahu pong, cuci
. 1/2 papan tempe agak semangit
. 2 papan pete
. 65ml santan kara
. 600ml air putih
. Minyak untuk menumis

– Bumbu uleg :
. 4 baput
. 6 bamer
. 11 cabe merah kriting

– Bumbu cemplung :
. 2dn salam
. 2ruas laos
. 6 rawit
. Garam
. Gulput
. Kaldu jamur

. – Cara :
. Tumis bumbu uleg sampai matang, lalu masukkan salam laos
. Tuang kacang beserta air rendaman, air putih biarkan mendidih dan kacang matang
. Masukan garam, gulput, kaldu jamur, tempe, tahu
. Setelah matang semua masukan santan, tes rasa
. Terakhir masukkan rawit dan pete aduk rata
. Matikan kompor

PEPES IKAN KEMBUNG DAUN SINGKONG
– Bahan :
. 4 ikat dn singkong petik daun yang muda rebus sebentar diberi dikit garam, tiris
. 4 ekor ikan kembung buang isi perut & kepalanya, beri jeruk nipis & garam, sisihkan
. 1/4 btr kelapa parut agak muda
. 4 btg sereh ambil putih, geprek
. 4 iris laos, geprek
. 4lbr dn salam
. Dn pisang, panaskan dikompor/ jemur secukupnya

– Bumbu uleg :
. 2 cabe merah keriting ( bisa ditambah jika ingin pedas)
. 3 baput
. 6 bamer
. Garam
. Gulput
. Kaldu Jamur

– Cara :
. Didihkan kukusan
. Tes rasa bumbu ulegnya lalu lumuri ikannya, sisa bumbu tuang di wadah
. Campur kelapa parut, dn singkong, sisa bumbu
. Tata masing2 ikan diatas daun pisang beri salam, laos, sereh, selimuti dengan daun singkong, bungkus rapi masukkan ke kukusan yang telah mendidih

Kumpulan Resep Puding Sehat untuk Si Kecil

Anak anda susah makan wortel? Ini ada solusinya guys. Buat si kecil yang kurang suka wortel, bu ibu bisa menggunakan salah satu trik ini nih. Puding wortel bisa menjadi solusi yang tepat bagi anak anda yang susah untuk makan sayuran. Tenang saja, dengan wortel yang diolah menjadi puding maka rasa wortel tidak akan terlalu terasa dan si kecil bisa mendapatkan nutrisi tersebut.

PUDING WORTEL

Bahan :
. 250gr wortel import
. 750ml (air putih+sari wortel)
. 140gr gulpas / sesuai selera
. 1bungkus agar2 plain

Topping :
. 200gr nanas madu matang

Cara :
. Nanas cuci dg air garam, potong sesuai selera
. Juice wortel dg juicer (tdk sy saring). Bila tidak punya bisa dg blender baru disaring
. Tambahkan air putih menjadi 750ml ya
. Gulpas, agar2
. Aduk sampai larut semua baru masak dg api sedang aduk sesekali sampai mendidih
. Tata nanas diwadah/cetakan yg diinginkan, setelah uap panas hilang lalu siramkan agar2 perlahan diatasnya
. Biarkan dingin dg sendirinya baru masukan ke dalam kulkas
. Sajikan dalam keadaan dingin lebih nikmat

 PUDING LUMUT COKLAT

Nah, yang satu ini adalah resep puding lumut coklat. Tenang saja guys, puding ini tidak beneran pakai lumut kok. Lumut dari puding ini rupanya terbuat dari kuning telur loh.

Bahan Coklat :
. 650ml susu UHT coklat
. 1sdm bubuk coklat
. 100gr gulpas/sesuai selera
. 1bungkus agar2 coklat/plain

Cara :
. Tuang dan aduk rata semua bahan jadi satu sampai larut
. Masak dg api sedang sambil diaduk sesekali sampai mendidih
. Biarkan uap panas hilang lalu tuang di cetakan/wadah yg diinginkan

Bahan lumut :
. 450ml air putih
. 65ml santan kara
. 135ml endapan air pandan
. 100gr gulpas/sesuai selera
. 1sdt vanilla essense
. 1sdt pasta pandan
. Sejumput garam
. 2btr telur
. 1bungkus agar2 plain

Cara :
. Kocok telur lalu saring
. 5 daun pandan blender dg air secukupnya, saring 2x ambil airnya
. Tuang dan aduk rata semua bahan jadi satu
. Masak dg api sedang dan aduk terus ya sampai mendidih spya terbentuk lumutnya
. Biarkan uap panas hilang lalu tuang diatas coklat yg sudah berlangit2
. Biarkan dingin dg sendirinya lalu masukkan kulkas
. Sajikan

Resep Olahan Makanan dengan Bahan Baku Non Daging

Sering ga sih bingung cara mengolah bahan masakan yang non-daging?Pasti menjadi sebuah kebingungan untuk memasak karena mesti banyak bumbu dan rempah yang digunakan agar bahan masakan non daging bisa tetap menjadi lezat. Nah, disini ada beberapa resep makanan yang menggunakan bahan baku non daging tapi tetap enak loh!

TELUR TAUCO PEDAS

. Bahan :
. 1/2kg telor
. 50gr tauco
. 65ml santan kara
. 400ml air putih
. 1 papan pete belah
. Air asam jawa secukupnya
. 2btr tomat ijo sedang potong2
. 9 lombok ijo besar rajang serong
. Sejempol jahe
. 1btg serai geprek
. 2dn salam
. Seruas laos geprek
. Gulpas
. Kaldu jamur
. Minyak goreng .

. Bumbu uleg :
. 4 baput
. 8 bamer
. Garam

. Cara :
. Rebus telur, kupas. Goreng diminyak panas sampai telur terendam dg api sedang. Sisihkan
. Tumis bumbu uleg smp harum, masukkan cabe, salam, laos, jahe, serai, pete, air asam, tauco, gulpas, kaldu jamur, tomat smp cabe matang. Br tuang air, biarkan smp mendidih bumbu tercium wangi
. Masukkan telor, santan, kecilkan api smp bumbu agak meresap. Tes rasa
. Sajikan & taburi bwg goreng

MIE GODOG JAWA

Bahan :
. 150gr mie telur
. 600ml air putih
. 1btr telur
. 50gr dada ayam tanpa kulit
. Gulpas
. Kaldu jamur
. Minyak goreng

Bumbu uleg :
. 3 baput
. 2 kemiri sangrai
. Merica
. Garam

Sayuran :
. Kol
. Sawi hijau
. 2btg daun bawang
. Tomat merah

Pelengkap :
. Bawang goreng
. Cabe rawit
. Saledri rajang

Cara :
. Didihkan air, beri sdkit minyak rebus mie kurleb 3 menit. Jangan terlalu lama.
. Lumuri ayam dg jeruk, cuci bersih, potong2
. Cuci sayuran & potong sesuai selera
. Orak arik telur sisihkan. Tumis bumbu sampai harum, ayam sampai matang. Tuang air. Tutup tunggu mendidih . Masukkan semua sayuran, gulpas, kaldu jamur. Tutup lg smp sayuran matang
. Lalu tes rasa. Masukkan mie tunggu mendidih lg
. Sajikan selagi panas, tambahkan pelengkap

TEMPE GORENG KRIUK

. 1/2 papan tempe, potong 6 serong . Minyak untuk menggoreng

Bumbu rendaman :
. 1baput uleg
. 1/2sdt ketumbar bubuk
. 1sdm munjung tpg beras
. 70ml air putih
. Garam sesuai selera
. Kaldu jamur

Cara :
. Campur rata bumbu rendaman, rendam tempe kurleb 5 menit
. Panaskan minyak goreng, goreng tempe dg api sedang smp berwarna kuning keemasan
. Sajikan selagi hangat

Daftar Menu Masakan Lezat untuk Anak Kos

Cah kangkung / tumis kangkung

Masakan simple hanya butuh 30 menit (tergantung masaknya banyak gak sih ) contoh krna ak masakin 9 orang jadinya masak kangkung aja 8 ikat  yang lama itu motongin daun dari batangnya kan musti satu2 bener apa bener? sabar deh yaa

Nb: masak sayur jangan lama² ya ,krna bisa ngurangin kandungan vitaminnya, apalagi di panasin bahasa jawane di Ngat nget ngat nget lagi duh jangan yaa
Anyway,

Bahan:
3 ikat sayur kangkung
Gula jawa secukupnya
Garam secukupnya
Saos tiram secukupnya
Minyak goreng
Air secukupnya

Bumbu iris:
5 Bawang merah
5 Bawang putih
Bawang bombay (boleh di skip)
Cabe merah disesuaikan
Cabe rawit jika pngn lebih pedes

Cara memasak:
– Tumis bumbu iris hingga harum, masukkan kangkung ,beri air.
– Setelah menyusut kangkungnya, beri garam, saos tiram, gula jawa lalu aduk sampai rata dan tunggu sampai matang.
– Koreksi rasa jangan lupa
– Sajikan dengan di taburi bawang goreng , di makan dengan nasi hangat, gorengan +es teh behh… Mantap deh

Sayur bobor bayam khas klaten

Biar gak bosen ya kan masak daging trus, kepala pusing kebanyakan daging, harus diimbangin sayur  ini salah satu masakan khas klaten sederhana tapi mantap deh hehe

Bahan:
2 ikat Sayur bayam
1 Labu siam di potong kecil kecil
Air secukupnya
Santan
Gula jawa secukupnya
1 ruas Lengkuas
2 lembar Daun salam
Penyedap rasa secukupnya

Bumbu halus:
3 Bawang merah
5 Bawang putih
2 Kemiri
Ketumbar secukupnya
Garam secukupnya
1 ruas Kencur

Cara memasak:
– Didihkan air tambahkan bumbu halus, lengkuas, daun salam ,lalu masukkan labu siam diamkan sebentar.
– Tambahkan gula jawa, penyedap rasa, dan santan.
– Aduk sesekali agar santan tidak pecah.
– Koreksi rasa jangan lupa
– Sajikan dengan di taburi bawang goreng, nasi hangat, sambal terasi & tempe goreng, Yummmyy

Rica-rica daging sapi

Bahan :
Daging di rebus biar empuk
Daun jeruk
Gula jawa
Bumbu kaldu sapi
Jahe di geprek
Minyak goreng
Air secukupnya

Bumbu halus:
Cabe merah besar
Cabe rawit
Bawang merah
Bawang putih
Garam
Tomat

Cara memasak:
– Tumis bumbu halus bersamaan daun jeruk, jahe.
-Tambahkan daging yang sudah di potong kecil kecil aduk sampai rata tambahkan gula jawa, air dan bumbu kaldu sapi.
– Aduk sampai rata, tunggu hingga air menyusut dan koreksi rasa.

Cabenya bisa di sesuain yang pecinta pedess banynakin cabe rawitnya .. biar pedesnya makin nampoolll

Resep Makanan untuk Penuhi Gizi Harian

Kumpulan resep untuk ide memasak setiap hari sangat mudah dan juga sederhana. Lengkapi nutrisi harian anda dengan berbagai masakan rumahan yang lezat dan sehat.

Kangkung Cah Belacan

Bahanny
————–
-5 ikat kangkung kecil ,petik cuci bersih
-10 siung bwg merah iris
-5 siung bwg putih iris
-sejempol lengkuas geprek
-terasi secukup ny
-1 sdt garam
-1 sdt kaldu jamur
-1 sdm gula pasir

Bahan halus
——————–
-15 cabe merah keriting
-15 cabe rawit merah
-2 kemiri bakar
-10 siung bwg merah
– 4 siung bwg putih

Caranya
————–
-panaskan minyak dalam wajan secukup nya,
Masukkan bawang merah,putih iris goreng hingga aga kuning, masukkan lengkuas,bumbu halus ,gula pasir, goreng hingga harum.
Masukkan terasi ,garam ,kaldu kemudian masukkan kangkung beri sedikit air tes rasa jika sudah pas angkat dan sajikan.

Soto Kuning Ayam

Bahan:
————-
– 2 ltr air
-1/2 ekor daging ayam belah jdi 2 ( ambil bagian dada) rebus dgn 1L air hingga empuk . -Pisahkan ayam (disuwir2) dan kaldu. Sisihkan.
-200gr bihun ( siram dgn air panas, diamkan hingga empuk)
-200gr Kol (iris, rebus sebentar, tiriskan)
-200gr kentang ( potong lalu goreng)
-6 btr telur ayam (rebus)
-250gr tauge (rebus sebentar , tiriskan)
-3 btg wortel potong2
-2 btg daun bawang
-garam, gula ,penyedap jamur sesuai selera

Bahan taburan
———————–
-Bawang goreng
-Jeruk nipis
-daun bawang iris2

Bumbu buat kuah:
—————————-
4lbr daun salam
4lbr daun jeruk
3btang sereh
2ruas jari Lengkuas

Bumbu halus:
———————-
-1 sdt ketumbar
-3ruas jari kunyit
-4btr kemiri
-3ruas jari jahe
-15 siung bawang merah
– 5 siung bawang putih
Minyak goreng secukupnya (utk menumis)

Caranya
————-
– Siapkan panci rebus air , ayam ,daun salam + daun jeruk + lengkuas + sereh + wortel + daun bawang
– Angkat ayam yang sudah empuk tiriskan , suwir2 dan di oseng2 sebentar biar aga kering.
– Tumis bumbu halus +minyak goreng hingga harum.
– Masukkan bumbu yang sudah dimasak kedalam panci rebusan ayam ,lalu sambil diaduk2 beri garam, gula, penyedap dan lada secukup nya.
-Tes rasa jika sudah pas ,siap disajikan.
5. Sajikan bersama dgn kol + bihun+ touge +kentang. Tata bersama ayam yg sudah disuwir , bawang goreng, seledri , juga telur rebus. Hidangkan bersama dgn irisan jeruk nipis & sambal yg superrrr pedas.
Selamat mencoba

Kumpulan Cemilan Sore Teman Ngopi

Ketika PPKM melanda yang tidak ada ujungnya ini, tentu saja banyak dari kita yang WFH. Nah, di sore hari ketika energi sudah mulai turun, pastikan tubuh anda tetap terjaga dan kenyang. Disini ada kumpulan beberapa resep cemilan yang dapat anda jadikan teman untuk ngopi sore ataupun nge teh.

Pisang Krispi Coklat Keju
By : @yoanitasavit

Bahan :
5 buah pisang (aku pakai pisang siam)
Coklat compound secukupnya
Keju parut secukupnya
Tepung panir

Adonan basah :
Tepung terigu
Susu bubuk
Air
Garam, gula pasir

Cara buat :
1. Buat adonan basah (tekstur kental) maaf tidak di timbang, pakai perasaan koreksi rasa ya..
2. Potong pisang menjadi 2 bagian memanjang, celupkan ke adonan basah lalu balur dengan tepung panir
3. Masukan kulkas 15 menit. Panaskan minyak di wajan, goreng pisang hingga matang. Tiriskan
4. Lelehkan coklat dengan cara di tim. Olesi pisang dengan coklat dan taburi keju parut. Sajikan hangat

Roti Panggang
By:@yoanitasavit

Bahan:
4 lembar roti tawar
Mentega
Gula pasir
Keju parut

Cara buat :
1. Panaskan oven
2. Belah roti sesuai selera, oles dengan mentega
3. Taburi gula pasir dan keju parut
4. Panggang kurang lebih 10 menit hingga agak kecoklatan
5. Sajikan hangat

Roti Panggang Telur Keju
By : @yoanitasavit

Bahan :
Roti tawar
Telur
Keju parut
Parsley kering
Margarin

Cara buat :
1. Siapkan roti tawar, tekan2 bagian tengah nya
2. Oleh pinggiran roti dengan margarin, taburi keju parut
3. Masukan telur di tengah roti, taburi parsley
4. Panaskan oven terlebih dahulu. Panggang di oven selama 10 menit dengan suhu 200derajat (sesuai oven masing2)

PISANG BAKAR KEJU COKLAT
by : @yoanitasavit

Bahan :
Pisang uli secukupnya (pilih yg besar)
Margarine untuk olesan
Mesis secukupnya
Keju parut secukupnya
Susu kental manis secukupnya

Cara buat :
1. Kupas kulit pisang lalu belah 2, olesi pisang dengan margarine
2. Panaskan pan anti lengket, panggang/bakar pisang bolak balik sambil di oles lagi dengan margarine hingga agak kecoklatan
3. Sajikan pisang bakar dengan taburan keju, mesis dan susu kental manis

Roti Gulung

Bahan :
Roti tawar secukup nya
Selai
1 butir telur
5 sdm susu cair
Gula secukup nya
Sedikit butter
1 sdt cinnamon powder

Caranya :
Beri selai pada selembar roti,lalu gulung.
Kocok lepas 1 butir telur,beri susu cair,aduk rata.panaskan pan,oles tipis dengan butter,masak hingga sedikit kecoklatan.campurkan gula dan bubuk kayu manis,aduk rata.lalu balurkan roti yg sudah di panggang tadi pada gula