Cara Meningkatkan Tekanan Darah

Tekanan darah rendah, atau hipotensi, bisa menyebabkan gejala seperti pusing, pingsan, lelah, dan bahkan mual. Jika tidak diatasi, hipotensi yang terlalu rendah bisa memengaruhi aliran darah ke organ vital. Meskipun tekanan darah rendah lebih umum dianggap kurang berbahaya daripada tekanan darah tinggi (hipertensi), penting bagi penderita hipotensi untuk mengetahui cara-cara meningkatkan tekanan darah agar tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Berikut adalah beberapa cara untuk meningkatkan tekanan darah:

1. Konsumsi Lebih Banyak Garam

Sodium dalam garam membantu meningkatkan tekanan darah. Seseorang yang memiliki tekanan darah rendah mungkin memerlukan asupan garam yang sedikit lebih tinggi dibandingkan mereka yang memiliki tekanan darah normal atau tinggi. Namun, penting untuk tidak berlebihan dalam mengonsumsi garam, karena bisa memicu masalah lain, seperti risiko hipertensi di masa mendatang.

2. Minum Cukup Air

Dehidrasi adalah salah satu penyebab utama hipotensi. Minum air yang cukup membantu meningkatkan volume darah, yang pada gilirannya meningkatkan tekanan darah. Sebaiknya, konsumsilah 8-10 gelas air per hari, terutama jika Anda aktif atau berada di iklim panas. Minuman elektrolit juga bisa membantu karena mengandung sodium dan potassium yang dapat menambah volume darah.

3. Konsumsi Makanan Kaya Nutrisi

Asupan nutrisi yang tepat juga penting untuk menjaga tekanan darah tetap stabil. Beberapa jenis makanan yang kaya akan vitamin B12, folat, dan zat besi bisa membantu meningkatkan produksi sel darah merah, yang sangat berperan dalam menjaga tekanan darah. Makanan yang bisa dikonsumsi antara lain daging, ikan, telur, bayam, brokoli, dan kacang-kacangan.

4. Hindari Berdiri Terlalu Lama

Berdiri terlalu lama bisa menyebabkan darah tertahan di kaki, sehingga mengurangi aliran darah ke jantung dan otak, yang menyebabkan tekanan darah rendah. Jika Anda harus berdiri lama, cobalah untuk sesekali bergerak, menggerakkan kaki, atau duduk agar darah bisa kembali terdistribusi dengan baik ke seluruh tubuh.

5. Makan dalam Porsi Kecil dan Sering

Makan dalam porsi besar, terutama yang tinggi karbohidrat, dapat menurunkan tekanan darah karena tubuh bekerja keras untuk mencerna makanan, yang mengalihkan aliran darah ke saluran pencernaan. Sebaiknya makan dalam porsi kecil tapi sering sepanjang hari untuk menjaga agar tekanan darah tetap stabil. Hindari makanan tinggi karbohidrat olahan, seperti roti putih dan pasta, yang bisa menurunkan tekanan darah secara cepat.