Beberapa Jenis Makanan Dimasa Depan

Seperti apa masa depan?

Di saat populasi manusia sudah membeludak dan kondisi pemanasan global melanda, akankah manusia bertahan dengan jenis makanan yang sekarang ini kita makan?

Bagaimana jika lahan tani dan ternak sudah kalah jumlah dengan perut-perut yang lapar? Hmm sedikit mengingat hal itu rasanya serem ya..

So, mulai care, mengatur diet, dan mulai mencari ragam pangan alternatif mungkin bisa jadi solusi nih…

Berikut adalah lima contoh makanan yang mungkin akan menjadi pilihan diet kita sehari-hari guys, yuk disimak!

1. Daging analog

Mungkin yang ini sudah pernah kalian dengar, terutama para penganut gaya hidup vegan dan vegetarian.

Ya, daging analog adalah “daging” yang bahan bakunya telah disubstitusi dengan protein nabati, seperti kacang-kacangan dan jamur.

Tekstur dan rasanya juga diformulasikan sedemikian rupa menyerupai daging konvensional. Selain mengurangi penggunaan hewan ternak, daging analog diklaim lebih “sehat” karena tidak mengandung asam lemak jenuh dan kolesterol, sehingga mampu membantu diet penderita kardiovaskular dan obesitas (Kyriakopoulou et al. 2019).

2. Daging laboratorium

Jika daging analog tidak sesuai dengan selera lidah, daging laboratorium mungkin bisa menjadi solusinya.

Seperti namanya, daging ini ditumbuhkan di dalam laboratorium. Loh, bagaimana ya, caranya?

Dengan teknologi tinggi, sel induk atau sel punca hewan akan ditumbuhkan secara in vitro untuk membentuk serabut otot dalam metode kultur jaringan.

Meski tidak cocok bagi para vegan, daging laboratorium ini lebih ramah lingkungan dibandingkan daging konvensional karena dapat mengurangi efek gas rumah kaca hingga 96% dan hemat air hingga 96% (Tuomisto & de Mattos 2011).

Lapar, tapi malas masak? Teknologi adalah solusinya!

3. 3D Food Printing

Dengan mengisi printer makanan ini dengan bahan dasar pangan, mesin ini akan menghidangkannya untukmu tidak hanya secara lezat, namun estetis.

Umumnya, makanan yang dicetak perlu dipanaskan lagi menggunakan oven atau pemanggang.

Seiring berkembangnya teknologi, 3D food printer yang terbaru dilengkapi dengan fitur laser untuk memasak bahan pangan dalam prosesnya hingga keluarannya menjadi hidangan siap saji.

Itu dia beberapa contoh makanan yang mungkin ada dimasa depan.