3 Khasiat Tomat Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan

3 Khasiat Tomat Untuk Kesehatan, Baik Untuk Pencernaan

Tomat yang selalu menjadi kontroversi buah atau sayur ini ternyata adalah buah, tomat sendiri berasal dari Amerika Tengah dan memiliki siklus hidup yang bisa di bilang singkat. Di Indonesia biasanya tomat akan selalu masuk dalam setiap masakan dan disajikan sebagai pelengkap atau bahan masakan itu. Bahkan di jaman yang sudah semakin maju seperti saat ini, tomat sudah mulai banyak di jadikan sebagai minuman seperti jus dan bisa juga konsumsi secara langsung layaknya buah-buahan pada umumnya.

Tomat memiliki bentuk bulat berwarna merah dan jika di tekan akan terasa lunak serta memiliki citarasa manis dan asam saat di konsumsi. Di balik bentuknya yang unik serta rasa lezat yang di tawarkan, ternyata tomat memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.

Berikut ini sudah kami rangkul beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari tomat untuk kesehatan tubuh kamu.

1. Mencegah kanker

Kanker adalah salah satu penyakit yang paling di takuti oleh semua orang di dunia ini. Kanker sendiri memiliki jenis-jenis dan cara pengobatan yang berbeda, mulai dari kanker payudara, kanker serviks, kanker kelenjar getah bening, kanker kulit, dan masih ada jenis lainnya.

Untuk mencegah itu terjadi, kamu bisa mengkonsumsi tomat sebagai pencegahnya. Karena tomat mengandung zat likopen, zat satu ini berperan untuk mengontrol pertumbuhan sel kanker yang terdapat dalam tubuh. Selain likopen, tomat juga memiliki kandungan antioksidan yang juga berperan untuk menghentikan reaksi karsinogenik pada tubuh.

2. Menyehatkan jantung

Jantung adalah organ tubuh yang sangat penting bagi manusia, jantung memiliki fungsi sebagai pemompa darah menuju seluruh tubuh. Untuk itu kesehatan jantung merupakan hal terpenting yang harus di perhatikan oleh setiap mahkluk hidup, salah satu cara untuk menjaga ksehetan jantung adalah dengan memastikan asupan makanan yang di konsumsi tetap sehat dna baik untuk jantung.

Salah satu makanan yang bisa di andalkan adalah tomat, meski rasanya yang sedikit asam, ternyata tomat mampu menjaga kesehatan jantung. Kandungan potasium yang ada di dalam tomat di yakini dapat menjaga kesehatan jantung.

3. Menjaga kesehatan pencernaan

Masalah yang terjadi pada pencernaan seperti sembelit dan diare tentu saja akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Untuk mengatasi masalah ini, kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi tomat. Karena tomat memiliki kandungan serat dan air yang tinggi, dari serat yang terkandung dalam tomat ini lah yang membuat tomat dapat mengatasi masalah pencernaan dan menjaga kesehatan pencernaan.