Beberapa Tips Agar Anak Anda Memiliki Berat Badan Ideal

Anda sebagai orang tua sudah pastinya memiliki kewajiban untuk memberikan asupan makanan dengan nutrisi dan gizi untuk anak anda, hal itu berguna agar anak anda lebih sehat dan juga memiliki berat badan yang ideal. Dan apabila anda ingin mengetahui anak anda memiliki berat badan yang ideal apa tidak, mungkin anda bisa menghitung indeks berat massa tubuh anak anda atau kalian dapat melihat kurva pertumbuhan yang dibuat oleh WHO.

Lalu pastinya anda ingin mengetahui bagaimana caranya agar anak anda dapat memiliki berat badan ideal, nah dengan artikel ini akan memberikan beberapa tips agar nantinya anak anda memiliki berat badan yang ideal, simak sampai habis yah.

1. Membiasakan anak anda untuk mengkonsumsi makanan sehat

Anak nantinya akan sangat sulit untuk mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan nutrisi dan gizi yang tinggi apabila anda tidak membiasakan hal tersebut sejak dini, dengan begitu anda sebagai orang tua disarankan untuk memberikan kebiasaan kepada anak anda untuk makan makanan yang bernutrisi dan bergizi sejak dini.

2. Membatasi asupan kalori anakĀ 

Kalori yang berlebihan adalah salah satu faktor yang menyebabkan anak anda memiliki berat badan yang berlebihan, dengan begitu mungkin anda dapat mencoba untuk mengurangi asupan kalori anak anda seperti mengurangi memberikan makanan berlemak tinggi, anda dapat menggantikannya dengan memberikan anak anda camilan sehat seperti buah buahan dan juga sayuran.

3. Membuat anak agar tetap aktif

Nah ini adalah hal penting yang perlu diketahui oleh orang tua adalah anak anak sangat memerlukan aktivitas yang nantinya akan membuat mereka aktif, untuk anaka anda yang masih di usia 3 sampai 5 tahun wajib untuk bergerak aktif setiap harinya, untuk anak di usia 6 sampai 17 tahun wajib bergerak aktif selama 60 menit per harinya, hal ini berguna untuk meningkatkan kesehatan tulang, dan juga dapat menjaga berat badan anak anda.

4. Memiliki waktu istirahat yang cukup

Setelah anda membiasakan anak anda untuk aktif bergerak jangan juga lupakan untuk memberikan mereka waktu istirahat yang cukup, dengan memiliki waktu istirahat yang cukup juga dapat membantu memberikan berat badan yang ideal hal ini karena istirahat yang cukup dapat meningkatkan sistem metabolisme tubuh secara optimal.