Beberapa Tips Mengatur Keuangan Yang Bisa Diterapkan Sejak Sekolah

Seiring berkembangnnya waktu cara cara mengatur keuangan itu pastinya akan berkembang, sehingga dengan begitu keuangan menjadi salah satu topik yang tidak akan ada habis nya apabila dibahas.

Mulai dari menabung di bank, menabung mandiri hingga melakukan investasi banyak sekali metode metode yang dapat kalian lakukan untuk mengatur keuangan anda dengan begitu banyak dari kalian yang harus tau tentang ilmu dan tata cara pengaturan uang.

Dengan anda tau cara cara untuk mengatur uang anda hal tersebut akan membuat finansial anda di hari tua akan terasa aman dan anda dapat menikmati hari tua anda dengan santai bersama keluarga. 

Nah dengan artikel ini akan memberitahukan kepada kalian beberapa tips mengatur keuangan yang dapat anda terapkan sejak sekolah, simak sampai habis ya.

1. Mengeluarkan uang sesuai pendapatan

Teruntuk kalian yang masih sekolah, pastinya kalian mendapatkan penghasilan masih berasal dari orang tua bukan yaitu uang jajan kalian, maupun itu perhari, perminggu, ataupun perbulan uang tersebut sudah harus kalian atur dengan cara yang baik seperti tidak berbelanja secara berlebihan.

Tidak perlu kalian meninggikan gaya kalian diluar sana, cukup bergayalah sesuai kantong atau penghasilan kalian kita ambil contoh apabila uang yang anda miliki hanya bisa makan warteg maka jangan kalian pergi ke mall untuk makan karena uang anda pastinya tidak akan cukup.

2. Jangan berani mengambil investasi ataupun kredit jika belum tau fungsinya

Anak muda jaman sekarang pastinya akan selalu mengikuti trend yang ada, jika ada yang sedang trend pasti anak muda tersebut akan beramai ramai akan mengikutinya termasuk juga dengan memiliki investasi dan juga kartu kredit, tetapi jika kalian belum tahu kegunaan dan tujuan dari kedua barang tersebut jangan pernah sesekali mencobanya.

Jika kalian belum mengetahui tentang dua produk tersebut dari pada anda tersesat dijalan lebih baik anda mempelajarinya terlebih dahulu sebelum mengikutinya, kalian tidak perlu terburu buru mengikutinya karena anda belum tahu resiko yang nantinya akan anda tanggung.

3. Biasakan menabung

Salah satu kebiasaan yang harus anda lakukan sejak berada di usia sekolah yaitu adalah menabung, biasakan diri anda untuk menyisihkan beberapa bagian dari uang jajan kalian untuk ditabung, hal ini merupakan kebiasaan yang baik karena kalian nantinya akan memiliki tabungan hari tua yang bisa anda gunakan.