Mengenal Apa Itu Volatilitas, Tujuan dan Manfaatnya?

Volatilitas adalah salah satu kata yang mungkin jarang kita dengar terlebih sebagai masyarakat awam pasti tidak pernah mendengar kata ini.

Berbeda dengan orang yang sudah mendalami dunia ekonomi dan keuangan kata ini pasti sangat sering terdengar dan sangat familiar.

1. Pengertian Volatilitas

Volatilitas artinya perubahan harga yang sengaja dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kondisi pasar. Volatilitas berkaitan sangat erat dengan pasar keuangan. Perubahan harga yang dilakukan pasti akan memberikan dampak atau efek kepada pasar. Jika terdapat perubahan harga yang signifikan dampaknya antara semakin meningkat atau menurun drastis.

Dengan adanya volatilitas akan membuat perubahan harga dan akan memberi stimulasi khusus yang terdapat di dalam pasar keuangan, Karena hal tersebut akan memberikan efek seperti menarik daya tarik para investor ataupun konsumen yang bermain dalam pasar keuangan. Tetapi volatilitas bukan sebuah hal yang bisa dilakukan oleh semua orang, namun yang bisa melakukan hal ini adalah orang-orang yang berada di dalam aktifitas pasar uang.

2. Manfaat dan tujuan

Seperti penjelasan yang sudah dijelaskan diatas bahwa volatilitas memberikan manfaat yaitu memberikan pasar keuangan stimulus spesifik yang dapat mempengaruhi kondisi pasar. Sehingga aktivitas pada pasar keuangan dapat mendapatkan peningkatan agar dapat sesuai target yang diinginkan. Dengan adanya stimulus ini, maka secara tidak langsung menyebabkan perubahan harga yang dinamis serta aktivitas pasar yang lebih aktif. 

Tujuan dari dilakukannya volatilitas pada harga adalah volatilitas dapat membantu meningkatkan minat terhadap perdagangan pada pasar keuangan.Tidak hanya  meningkatkan minat tetapi volatilitas memiliki tujuan untuk menentukan risiko yang akan terjadi sejak awal sehingga dapat menghindari risiko yang buruk terhadap pasar uang. Sehingga volatilitas memiliki tujuan untuk menjaga kestabilan kondisi pasar uang serta meningkatkan minat para investor agar dapat lebih aktif di dalam pasar keuangan.

3. Mengukur peluang risiko

Dengan dilakukannya volatilitas sebenarnya hal tersebut merupakan aktivitas untuk melihat peluang risiko yang kemungkinan terjadi di dalam pasar keuangan. Jika hal ini terjadi tanpa perencanaan maka kita tidak bisa mengukur peluang risiko yang terjadi. Berbeda jika dilakukannya volatilitas karena jika di dalam pasar keuangan semua hal yang terjadi akan lebih terukur. Sehingga dapat membantu dalam pengukuran peluang risiko yang dapat terjadi ketika terjadinya stimulasi spesifik tersebut.

Sehingga dengan adanya volatilitas ini kita dapat mencegah dampak atau risiko negatif yang bisa muncul karena kondisi yang tidak terkendali.