Faktor Penyebab Rambut Rontok dan Tipis pada Perempuan

Munculnya rambut rontok atau mulai adanya kebotakan dibagi beberapa jenis. Salah satu jenis dari kerontokan rambut yang akan dibahas adalah telogen effluvium atau TE. Telogen effluvium atau yang biasa orang sebut rambut rontok dan tipis memiliki ciri khusus. Ciri khusus dari jenis telogen effluvium adalah di mana rambut yang rontok dan menipis akan tersebar letaknya atau membaur.

Penyebabnya kerontokan rambut dari jenis ini adalah ketika jumlah folikel pada kulit kepala sedang memasuki fase telogen atau sedang istirahat dengan terlalu banyak serta fase pertumbuhan belum dimulai. Meskipun begitu, penipisan atau kerontokan rambut pada perempuan secara umum tidak menimbulkan kebotakan secara total.

Kerontokan rambut jenis ini dapat dialami oleh laki-laki maupun perempuan namun perempuanlah yang lebih banyak melaporkan kerontokan rambut ini. Salah satu penyebab dari kerontokan rambut jenis ini adalah melahirkan, karena setelah melahirkan Hal ini dapat memicu munculnya gejala dari kerontokan rambut ini. Namun terdapat faktor lain yang juga dapat menyebabkan hal ini terjadi.

1. Tidak mendapat nutrisi yang cukup 

Saat tubuh mengalami kekurangan nutrisi yang cukup Hal ini dapat memunculkan gejala dari kerontokan rambut. Seperti kekurangan nutrisi pada vitamin D, asam lemak, zat besi. Kekurangan nutrisi tersebut dapat menyebabkan munculnya gejala penipisan rambut atau kerontokan rambut. Hal itu dikarenakan vitamin D memiliki peran yang penting untuk membantu pertumbuhan sel oleh karena itu jika kita kekurangan vitamin D maka pertumbuhan rambut kita dapat terganggu. 

2. Mengalami stres 

Selain tidak mendapatkan mutusin yang cukup stres juga dapat mempengaruhi kerontokan rambut. Dikarenakan stres dapat memicu munculnya depresi yang dapat membuat kerontokan rambut dan penipisan rambut. Kondisi saat kita mengalami stres dapat mengganggu proses pertumbuhan rambut dan membuat folikel rambut banyak memasuki fase telogen atau istirahat. 

3. Penggunaan obat-obatan

Dengan mengonsumsi obat-obatan tertentu secara rutin dapat mempengaruhi kerontokan rambut. Hari ini bisa terjadi dikarenakan obat-obat tertentu dapat terjadi dikarenakan kandungan yang terdapat di dalamnya. Contoh dari obat-obatan yang dapat menyebabkan kerontokan yaitu obat kontrasepsi, antidepresan, antibiotik dan obat anti jamur.