Manfaat Ulat Sagu yang Harus Kamu Tahu

Jika kamu sedang berkunjung daerah Indonesia bagian timur, maka kamu kemungkinan banyak menemukan makanan yang terbuat dari ulat sagu. Perut aku dikonsumsi dengan cara dibakar dan beberapa cara lain seperti  sate dan dikonsumsi secara langsung.Walau Hal ini terlihat asing bagi masyarakat luas namun ulat sagu memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh manusia dan ulat sagu juga mengandung banyak nutrisi. 

1. Membantu melancarkan pencernaan 

Ulat sagu memiliki manfaat yaitu melaksanakan pencernaan. Ulat sagu mengandung banyak serat sehingga kandungan serat  yang banyak pada ulat sagu memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan pencernaan. Tekstur dari ulat sagu yang lembut juga dapat mempermudah pencernaan jika kita mengkonsumsinya. 

Kandungan serat yang terdapat pada ulat sagu yang tinggi juga dapat mencegah risiko terjadinya sembelit dan juga perut kembung. Ulat sagu dapat meningkatkan metabolisme dari tubuh kita Hal ini dikarenakan ulat sagu memiliki sangat banyak nutrisi dan mudah dicerna oleh pencernaan kita. 

2. Digunakan untuk pembuatan obat-obatan

Dalam beberapa penelitian menyatakan bahwa ulat sagu memiliki kandungan asam lemak yaitu kandungan linoleat, asam palmitat, serta asam stearat. Kandungan-kandungan tersebut membuat ulat sagu menjadi bahan baku yang baik untuk pembuatan obat-obatan. 

Tidak hanya itu, Larva dari kumbang merah ini juga terdapat senyawa asam amino seperti alanin, lisin, arginin, tirosin, serta isoleusin. Kandungan asam amino memiliki banyak fungsi salah satunya adalah untuk menghancurkan makanan serta membantu tubuh untuk memberikan sumber energi bagi tubuh. 

3. Memperkuat tulang dan gigi

Ulat sagu dapat memperkuat tulang dan gigi dikarenakan ulat sagu memiliki kandungan mineral yang cukup tinggi yaitu kalsium dan magnesium. 

Terdapat penelitian yang menyatakan bahwa anak yang mengkonsumsi ulat sagu dapat mengalami penambahan tinggi badan yang lebih dibanding anak lain.

Sehingga hal ini menunjukkan bahwa kandungan yang ada pada ulat sagu yaitu kandungan mineral baik untuk pertumbuhan tulang dan gigi. 

4. Memiliki kandungan protein yang tinggi

Ulat sagu juga memiliki kandungan protein yang tinggi. Ulat sagu memiliki kandungan protein yang hampir sama dengan kedelai dan telur sehingga dengan kandungan protein yang tinggi ulat sagu dipercaya bisa menurunkan kadar kolesterol jahat pada tubuh.