Olahraga Kardio untuk Menurunkan Berat Badan secara Efektif

Kardio merupakan salah satu olahraga yang dapat meningkatkan Irama dari denyut jantung secara cepat. Peningkatan Irama pada denyut jantung dapat memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh salah satunya adalah menurunkan berat badan. 

Agar hal ini menjadi lebih efektif kita harus mengetahui jenis olahraga kardio apa yang dapat menurunkan berat badan sebagai berikut. 

Olahraga kardio untuk menurunkan berat badan

Berikut ini merupakan beberapa jenis olahraga kardio yang dapat membantu menurunkan berat badan yang bisa kita lakukan. 

  • High intensity interval training atau HIIT

Hai intensity interval training atau HIIT merupakan salah satu jenis olahraga radio yang dapat kita coba untuk menurunkan berat badan karena olahraga kardio ini menggabungkan jenis olahraga intensitas tinggi dengan terdapat beberapa periode istirahat. 

High intensity interval training dapat memicu sistem kardiovaskuler agar sistem kardiovaskular dapat bekerja lebih cepat maka hal ini dapat membantu meningkatkan metabolisme dari tubuh serta lebih banyak kalori yang dibakar. 

Agar manfaat dari jenis olahraga ini dapat bermanfaat untuk menurunkan berat badan maka anda bisa melakukan jenis olahraga ini dengan intensitas yang tinggi selama 1 menit, seperti lari jarak pendek diikuti dengan 2 sampai 3 menit waktu istirahat. 

  • Lari

Olahraga lari merupakan salah satu jenis olahraga yang dapat meningkatkan Irama dari denyut jantung secara cepat dan olahraga ini mampu membuat denyut jantung bisa konsisten dalam waktu yang lama. Dengan meningkatkan intensitas olahraga jenis ini maka kalori yang dikeluarkan saat melakukan lari akan semakin banyak. 

  • Berenang

Berenang merupakan salah satu jenis olahraga kardio yang mampu memberikan banyak sekali manfaat bagi kesehatan contohnya meningkatkan denyut jantung meningkatkan kekuatan otot serta menyehatkan jantung serta paru-paru, tidak kalah pentingnya berenang dapat menjaga berat badan kita agar tetap ideal. 

  • Berjalan

Tidak hanya dengan berlari kita dapat menurunkan berat badan tetapi dengan berjalan juga dapat secara efektif dapat membakar kalori. Berjalan dapat dilakukan oleh banyak orang karena olahraga ini ramah untuk persendian. 

  • Bersepeda

Bersepeda dapat meningkatkan aliran darah kekuatan otot serta menyehatkan paru-paru. Melakukan olahraga jenis ini dapat membakar lemak jika intensitas dari olahraga ini ditambah secara berkala sehingga kalori yang dibakar juga dapat meningkat.