Khasiat Buah Cermai Untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Juga

Khasiat Buah Cermai Untuk Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Juga

Buah cermai adalah buah dengan ukuran yang kecil serta memiliki warna yang hijau ketika masih muda, dan akan berubah menjadi hijau kekuningan saat sudah matang atau tua.  Cermai sendiri masih masuk dalam keluarga buah berry, oleh sebab itu buah kecil ini di sebut Gooseberry. Buah dengan citarasa asam dan sepat ini biasanya di konsumsi dengan cara di olah terlebih dahulu, seperti menjadi manisan. Meski buah ini asam dan sepat, manfaat yang di berikan buah ini untuk kesehatan tubuh tidak bisa kamu anggap remeh.

Buah cemai memiliki kandungan nutrisi dan vitamin yang sangat banyak, mulai dari vitamin C, vitamin A, vitamin B1, vitamin B6 dan B9. Tak hanya itu saja, buah kecil ini juga mengandung kalium, kalsium, tembaga, fosfor, potasium,magnesium dan mangan.

Dari kandungan-kandungan yang terdapat dalam buah cermai ini, tentu saja akan sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kamu.

Berikut ini ada beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dari mengkonsumsi buah cermai.

1. Mengatasi infeksi

Vitamin C yang tinggi dalam cermai berfungsi untuk melawan virus dan bakteri, serta merangsang sistem imun tubuh. Bukan itu saja, buah cermai juga menyimpan kandungan asam laktat yang berperan sebagai anti bakteri. Cermai juga merupakan anti inflamasi alami.

2. Mengatasi sembelit

Masalah pencernaan seperi sembelit adalah salah satu penyakit yang paling mengganggu aktivitas. Untuk mengatasi masalah pencernaan yang satu ini jika sudah terjadi kepada kamu, Kamu bisa mencoba untuk mengkonsumsi buah cermai  yang mengandung serat cukup banyak di dalamnya. Serat yang ada dalam buah cermai merupakan jenis serat larut yang memiliki fungsi sebagai pendorong yang dapat melancarkan buang air besar.

Perlu di ingat juga mengkonsumsi buah cermai muda yang cenderung asam dalam jumlah yang banyak juga dapat mengakibatkan masalah pada lambung dan usus. Jadi jangan makan berlebihan ya agar tidak sakit.

3. Mencegah penyakit kanker

Selain vitamin C yang tinggi, buah cermai juga mengandung antioksidan yang sangat banyak dengan jenis dan sifat yang beragam pula. Hal ini tentu saja membuat buah cermai akan sangat baik di konsumsi karena kandungan di dalamnya bisa mencegah kanker dalam tubuh.