Tips Menjaga Kesehatan Gigi

flashnewscorner – Gigi adalah salah satu bagian tubuh manusia yang paling keras. Dimana gigi ini terdapat di rongga mulut dan memiliki fungsi penting bagi sistem pencernaan kita. Pada anak-anak, gigi manusia disebut dengan gigi susu. Yang mana jika gigi ini rusak maka akan tergantikan dengan gigi baru. Sedangkan pada orang dewasa, jika gigi telah tanggal dari gusi, maka kemungkinan untuk dapat tumbuh kembali sangat kecil. Oleh karena itu, kesehatan gigi sangat penting untuk dijaga sebaik-baiknya.

Penyebab Rusaknya Gigi

Terdapat beragam penyebab rusaknya gigi pada manusia :

  • Kebersihan
    Tidak terjaganya kebersihan pada rongga mulut dan gigi dapat merusak gigi secara perlahan.
  • Nutrisi
    Malnutrisi dapat membuat gigi seseorang menjadi tidak sekuat manusia pada biasanya. Apalagi jika hal ini terjadi pada usia kanak-kanak maka akan lebih berbahaya lagi bagi individu tersebut.
  • Kebiasaan Buruk
    Kebiasaan suka menggigit berbagai benda keras dapat membahayakan keutuhan gigi anda.
  • Makanan
    Suka makan makanan dengan suhu yang ekstrim juga dapat memberikan dampak buruk pada kesehatan gigi. Baik entah itu sop yang masih panas atau es batu yang dingin.
  • Ketidaksengajaan
    Rongga mulut terbentur terlalu keras juga dapat menjadi ancaman bagi gigi untuk lepas dari gusi. Contohnya seperti : terjatuh hingga kecelakaan.

Tips Gigi Awet

Tips Merawat Kesehatan Gigi

Setelah mengetahui penyebab kerusakan gigi yang paling biasa terjadi, maka kita sadar bagaimana untuk menjaga gigi kita tetap awet.

  • Jagalah Kebersihan Rongga Mulut
    Rajinlah menyikat gigi, minimal 2 kali sehari dengan mengatur jadwal yang tepat bagi anda.
  • Jagalah Nutrisi
    Pastikan anda selalu makan makanan bernutrisi. Kalsium, Vitamin D, dan Zinc sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan gigi.
  • Kurangi & Hilangkan Kebiasaan Menggigit
    Banyak diantara kita yang gampang merasa bosan dan berakhir menggigit barang yang ada disekitar kita. Pensil dan tutup bolpoin mungkin adalah target menggigit favorit bagi kita. Alihkanlah ke pekerjaan produktif lain agar anda tidak merasa bosan.
  • Jaga Suhu Makanan & Minuman
    Nikmatnya menyantap jagung bakar yang masih panas dibarengi dengan menyedot susu soda dingin tentunya menjadi pengalaman tak terlupakan bagi anak kuliahan. Namun mulailah jaga suhu makanan dan minuman agar anda tidak kesulitan untuk mengunyah makan di usia 30-an anda.

Periksakan GIGI anda kepada ahliNYA

Setelah anda dengan hati-hati menjaga kesehatan gigi anda, maka langkah selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan. Kunjungilah dokter gigi secara berkala sekedar untuk melakukan pengecekan kesehatan gigi anda untuk mendapatkan gigi sehat dan awet hingga usia tua.